34 Nelayan Natuna Ikuti Pelatihan Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan

oleh -474 views
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin Yusuf, S.Pi

NATUNA (KP),- Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, mengadakan kegiatan Pelatihan Penangkapan/Penanganan Ikan yang Ramah Lingkungan (API Gill Net) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Oktober 2020.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin Yusuf, S.Pi menyebutkan bahwa pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari pola bantuan perikanan satu maupun dua tahun yang lalu. “Pelatihan ini bertujuan untuk pengoperasian Gill Net yang benar,” sebut Zakimin menjawab koranperbatasan.com di Penginapan Sisir Basisir, Ranai, Rabu, 21 Oktober 2020.

Zakimin menjelaskan Gill Net merupakan salah satu alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, namun dalam pengoperasian Gill Net tersebut masih ditemukan  beberapa kendala. “Tentunya dalam mengoprasionalkan itu masih banyak kendala, ada nelayan yang sudah dapat  dan ada juga yang belum,” jelas Zakimin.

Untuk mendapatkan solusi atas kendala yang ditemukan itu, maka dalam pelatihan tersebut Dinas Perikanan Kabupaten Natuna juga menghadirkan dua orang narasumber dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan melalui zoom meeting. “Jadi dari dua orang  narasumber itu, berbicara bagaimana mengoprasionalkan Gill Net dengan benar. Narasumber juga akan merespon pertanyaan-pertanyaan dari nelayan terkait pengoperasian Gill Net ini,” ujar Zakimin.

Lanjut Zakimin menuturkan, Dinas Perikanan Kabupaten Natuna akan terus menggiringi nelayan, agar ada peralihan alat tangkap salah satunya dengan menggunakan Gill Net yang ramah lingkungan. “Pada umunya nelayan kan menangkap ikan dengan menggunakan bubu, pancing ulur dan juga pancing tonda. Dengan adanya peralihan ke Gill Net nelayan akan mudah mendapatkan ikan, ketika dibentang maka akan tertangkap,” tutur Zakimin.

Oleh karena tidak semua lokasi dan jenis ikan yang menjadi  target penangkapan  bisa digunakan dengan Gill Net, maka diperlukan penyesuaian. “Dari beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan, sudah ada yang mendapatkan hasil dari penggunaan Gill Net itu. Salah satunya koperasi yang berada di Kelarik. Teman-teman ini juga akan berbagi pengalaman kepada nelayan lainnya yang menerima bantuan itu,” pungkas Zakimin.

Disamping itu, Zakimin menyampaikan peserta pada kegiatan pelatihan ini akan di bina dengan dua sesi yaitu, sesi terori dan praktek.  “Mulai hari ini sampai Jum”at itu teori. Kemudian dilanjutkan Jum’at malam, kita akan melaksanakan praktek pengoperasian Gill Net pada lokasi penangkapan ikan di kelarik. Jumlah peserta sebanyak 34 nelayan,” imbuh Zakimin.



Terakhir Zakimin berharap kepada nelayan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut, dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya, agar dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap di Natuna. (KP).


Laporan : Johan



Memuat...