Kelompok Nelayan Terima Bantuan Bibit Ikan Kerapu Dari Pemerintah Desa Payalaman

oleh -323 views
Penyerahan secara simbolis bantuan bibit ikan kerapu cantik kepada kelompok nelayan

ANAMBAS (KP) – Pemerintah Desa Payalaman, Kecamatan Kute Siantan secara simbolis menyerahkan bantuan bibit ikan hidup jenis kerapu cantik kepada kelompok nelayan setempat. Bantuan bibit tersebut diberikan sebanyak 880 ekor kepada masing-masing kelompok.

Kepala Desa Payalaman, Acok mengatakan bantuan yang diberikan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

“Ini pertama kali Desa Payalaman memberikan bantuan dari DD. Bantuan ini sesuai arahan PMK tahun 2021, memang tahun ini kita diarahkan untuk pembangunan pemulihan ekonomi desa sesuai kemampuan keuangan desa,” katanya kepada koranperbatasan.com, Selasa, 09 Maret 2021.

Tujuan dari bantuan tersebut menurut Acok, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat nelayan. Oleh karena itu, bantuan bibit ikan yang diberikan kiranya dapat dipergunakan dengan baik.

“Harapan kita ini bertumbuh kembang, mudahan tahun depan dengan adanya bantuan ini mereka bisa mengembangkannya untuk modal membeli bibit ikan lagi. Jadi ada 12 orang dalam satu kelompok, jumlah yang kita berikan 880 ekor kerapu cantik. Kalau dibagi 12 dalam satu kelompok perorangnya dapat sekitar 73 ekor,” terangnya.

Acok berharap setiap kelompok penerima bantuan bisa lebih serius meningkatkan usahanya. “Harus berusaha semaksimal mungkin, sehingga bisa dikembangkan. Misalnya setelah panen tahun depan mereka punya modal buat belanja bibit baru lagi. Jadi mereka sendiri yang harus optimis mengembangkan usahanya agar bisa berkelanjutan,” ungkapnya.



Lanjut Acok, begitu juga dengan para nelayan tangkap, diberikan bantuan berupa kebutuhan tangkap. “Kita bantu berupa alat pancing seperti senar, mata pancing, dan pemberatnya, sehingga mereka punya modal untuk mencari ikan. Mungkin harga ikan yang  paling mahal di daerah kami, jadi harapan kita supaya mereka bisa menjual ikan dengan keringanan harga,” tuturnya.

Bantuan tersebut diberikan baik kepada nelayan tangkap maupun para petani memiliki tujuan sama yaitu agar harga jual bisa dijangkau oleh masyarakat selaku pembali.

 

“Jadi kita berikan mereka bantuan bibit ini dengan harapan berdampak juga dengan harganya ke masyarakat. Seperti harga sayur, cabe dan segalanya. Memang tidak bisa dipungkiri,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri, Acok menjelaskan penyerahan bibit ikan kerapu cantik dilakukan secara simbolis. Dimana bibitnya sudah lebih dulu dibelikan dan tidak dibawa semuanya saat penyerahan.

“Tidak kita bawa semua, karena takut dia mati. Jadi kita kasih secara simbolis di Pelabuhan Payalaman, disaksikan oleh perangkat desa baik RT maupun RW. Ada juga dari Kepolisian, TNI dan pihak kecamatan. Pengambilan benihnya di Desa Candi nanti kita bantu dengan mobil. Jadi kita cuma bawa kelapangan sekitar ratusan ekor saja,” tutupnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra