Nelayan Kute Siantan Kelola Hasil Tangkapnya Jadi Ikan Asin dan Ikan Asap

oleh -191 views
Yuliana, Kasi Tapem Kecamatan Kute Siantan saat diminta keterangan terkait nasib nelayan

ANAMBAS (KP) – Kasi Tata Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi Tapem), Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Yuliana, dengan tegas mengatakan sektor perikanan laut dan pertanian menjadi potensi utama yang layak dikembangkan didaerahnya.

Hal itu, dikarenakan sebagian besar masyarakat di Kecamatan Kute Siantan menjadikan dua sektor tersebut sebagai sumber penghasilan utama. “Saya lihat UMKM perikanan dan pertanian paling layak, karena sebagian besar dari masyarakat Kute Siantan nelayan dan pertanian,” sebutnya kepada koranperbatasan.com, Selasa, 09 Maret 2021 diruang dinasnya.

Menurut Yuliana, pemberdayaan dua sektor unggulan yang sangat menjanjikan ini sudah diusulkan oleh hampir setiap desa. “Kalau diusulkan mungkin sudah dari sebagian desa itu mengusulkan ini. Karena memang mereka yang lebih tau seberapa besar kebutuhan tentang perikanan ini,” ujarnya.

Sebagai pemerintah kecamatan, Yuliana mengatakan pihaknya hanya bisa membantu merekap usulan tersebut untuk ditindaklanjuti ke kabupaten. “Kita hanya merekapnya. Saya rasa untuk pengembangan memang kita masih butuh pemasarannya. Kalau hasil tangkapan sudah menjanjikan,” jelasnya.

Kata Yuliana, sebagian besar dari hasil tangkapan nelayan lokal dijadikan ikan asin, sayangnya mereka masih belum tahu harus dijual kemana. “Mau dipromosikan kemana itu yang belum ada tempat buat nelayan. Terus ada juga ikan asap di Kecamatan Kute Siantan sangat banyak yang ngelolanya, cuma mau dipasarkan kemana mereka juga tidak tau,” tuturnya.

Kebanyakan ikan asin dan ikan asap yang dikelola oleh para nelayan diakui Yuliana kebanyakan habis dikonsumsi sendiri. “Jadi memang kita belum ada tempatnya, paling di kios-kios sekitar sini, sama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saja. Kalau untuk sekala besar belum ada,” pungkasnya.

Yuliana melihat hasil tangkapan nelayan lokal yang melimpah jika terkelolakan dengan baik, bisa saja menjadi salah satu sember PAD bagi daerah.



“Ya sesuai dengan keinginan camat menjadikan Kecamatan Kute Siantan ini, kecamatan yang Bedelau yaitu ber-akhlaqul karimah, dinamis, elok, agamis dan unggul disegala bidang,” imbuhnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra