Dinkes Anambas Ingin Program Kesehatan Bergerak Sasar Seluruh Kecamatan

oleh -285 views
Herianto, Kadinkes Anambas

ANAMBAS (KP) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Herianto membenarkan adanya kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di Anambas.

Program tersebut katanya diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, dan Dinkes Anambas hanya sebatas memfasilitasi.

“Program PKB kami hanya membantu saja kegiatannya, itu adalah pelayanan kesehatan programnya Dinas Kesehatan  Provinsi,” sebutnya kepada koranperbatasan.com saat berada di halaman depan kantor kesehatan, Jum’at 12 Maret 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, kata Herianto membantu dan memfasilitasi  agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik.

“Artinya memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk spesialis penyakit mata, penyakit dalam dan pelayanan umum. Teknisnya dari Dinkes Provinsi, kami hanya memfasilitasi saja, memang dulu kami ada juga kegiatan serupa namanya OSS,” ujarnya.

Menurut Herianto, dalam kegiatan PKB Dinkes Provinsi bergerak membawa beberapa dokter spesialis termasuk Dinkes Anambas.

“Jadi kemarin kami juga membantu dokter pelayanan kebidanan, termasuk obat-obatan kami juga membantu dalam kegiatan Dinkes Provinsi itu. Jadi itu, murni kegiatan dari provinsi,” terangnya.



Manfaatnya lanjut Herianto, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara umum terutama penyakit mata.

“Khususnya kesehatan yang bermasalah misalnya mata, kemarin masyarakat yang  gangguan pada mata bisa tebantu, mereka juga membagikan kacamata setelah diperiksa, kemudian jika ada yang harus dioperasi akan di bawa ke provinsi,” tuturnya.

Program yang sudah berjalan tahun lalu itu, kata Herianto kemungkinan akan berlanjut.

“Sudah berjalan kemarin tinggal tahap dua lagi di bulan Maret atau April. Targetnya tentu mereka dari provinsi yang lebih menguasai. Kalau target kami pasti ingin membantu masyarakat, supaya yang bermasaalah dengan kesehatan bisa terbantu,”ungkapnya.

Terkait program itu, Herianto berharap tidak hanya terfokus pada satu wilayah saja. Tujuannya agar masyarakat di daerah lain juga dapat merasakan pelayanan kesehatan secara geratis.

“Kami harap Dinkes Provinsi terus memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kalau bisa berpindah-pindah jangan di Letung saja. Mungkin di Kiabu, sehingga secara keseluruhan masyarakat terbantu, karena mereka bawa spesialis, kalau kita terbatas,” tutupnya. (KP).


 


Laporan : Azmi Aneka Putra