Kepangkatan Dalam Kehidupan Militer Tuntutan Peningkatan Tanggungjawab dan Kualitas

oleh -143 views

ANAMBAS (KP) – Pada hari Kamis 01 April 2021 di Lapangan Apel Mako Lanal Tarempa dilaksanakan upacara kenaikan pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama bagi prajurit Lanal Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas).

Bertindak sebagai Irup dalam upacara tersebut Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, SE, M.Tr Oplsa dan bertindak sebagai Komandan Upacara Pjs. Palaksa Lanal Tarempa dan dihadiri oleh seluruh perwira staf serta diikuti oleh seluruh Prajurit Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Tarempa.

Prajurit Lanal Tarempa yang telah mendapatkan pengharagaan atas dedikasi dan loyalitas selama melaksanakan kedinasan di TNI Angkatan Laut guna mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kala waktu 01 April 2021 sebanyak 6 orang.

Mereka terdiri dari 1 orang Perwira naik pangkat dari Letda menjadi Lettu, 4 orang Bintara naik pangkat dari Serka menjadi Serma sebanyak 1 orang dan Serda menjadi Sertu sebanyak 3 orang dan 1 orang  Tamtama naik pangkat dari Klasi Satu menjadi Klasi Kepala.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Tarempa, Yovan Ardhianto menyampaikan hakekat kepangkatan dalam kehidupan militer merupakan perubahan status dalam bentuk simbol pangkat baru yang mencerminkan adanya tuntutan perubahan berupa peningkatan tanggungjawab dan kualitas sumber daya manusia disetiap individu prajurit sesuai tugas dan jabatannya masing masing.

Semestinya semakin tinggi pangkat berarti identik dengan semakin tinggi tanggungjawab yang harus diembannya. Disamping itu kenaikan pangkat merupakan wujud pengakuan dan penghargaan satuan atas prestasi serta dedikasi yang ditunjukkan selama ini dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai jabatan masing-masing.



Berkaitan dengan dinamika tantangan tugas kedepan yang semakin komplek, agar kenaikan pangkat ini dijadikan sumber motivasi dan inspirasi untuk kejuangan dan idealisme sebagai prajurit untuk memantapkan moralitas dan etika profesi keprajuritan sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh hal yang dapat merugikan citra diri sendiri dan satuan.

Para prajurit kata Yovan Ardhianto harus dapat tampil sebagai sosok panutan yang dapat dibanggakan bagi satuan, keluarga dan lingkungannya. Serta juga dapat mengaktualisasikan makna pangkat yang disandang dan jabatan yang diemban saat ini secara benar baik terhadap diri sendiri, lingkungan dimanapun berada sehingga dalam sanubarinya tertanam suatu pemahaman dan sikap bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada prajurit yang berprestasi yang berhak menerimanya.

Yovan Ardhianto mengucapkan terima kasih kepada para istri dan suami para prajurit yang setia mendampingi sekaligus sebagai orang yang berperan besar dalam karier, membina dan membangun keharmonisan rumah tangganya yang didasari dengan kesetiaan,  rasa tanggungjawab dan kerja keras.

Mengakhiri amanatnya Yovan Ardhianto menghimbau seluruh prajurit dan PNS agar dapat melaksanakan tugas mulia kedepan dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab, bekerja secara profesional dengan tetap memperhatikan kewaspadaan dan kesiap siagaan. Memupuk semangat kebersamaan dengan sesama prajurit dan seluruh komponen masyarakat sehingga soliditas kehidupan berbangsa dan bernegara  yang merupakan kekuatan sinergis dapat mengatasi dan menyelesaikan setiap permasalahan bangsa.

Selesai upacara kenaikan pangkat dilanjutkan dengan acara tradisi dilingkungan Lanal Tarempa yaitu menjeburkan prajurit yang naik pangkat ke Laut di depan Mako Lanal Tarempa selanjutnya dilaksanakan acara ramah tamah bertempat di Lapangan Apel Mako dan di Taman Lanal Tarempa. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Lanal Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas 


 


Memuat...