Dishub Anambas Usulkan Pelabuhan Bertarap Internasional dan Penambahan Rute Penerbangan

oleh -161 views
KM Bukit Raya bersandar di Pelabuhan Tarempa

ANAMBAS (KP) – Kasi Keselamatan Pelayaran dan Lalulintas, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub DLH) Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas), Mardoni, SE menerangkan ada banyak rencana terkait kesiapan layanan tarnsportasi baik darat, laut maupun udara di Anambas.

Pertama Dishub DLH Anambas rencananya akan membuka jalur atau menambah rute baru untuk transportasi udara ke Jakarta. Karena pesawat yang mendarat di Badar Udara Letung untuk saat ini hanya melayanai rute Anambas – Batam dan Batam – Anambas.

“Anambas punya keinginan menambah jumlah maskapai dan rute penerbangan Anambas – Jakarta. Sekarang belum bisa, mungkin habis masa pandemi kita akan coba karena ini penunjang sektor pariwisata di Anambas. Jadi mau tidak mau akan kita bicarakan dengan pengola bandara,” ujar Mardoni kepada koranperbatasan.com Rabu 21 April 2021 di ruang dinasnya.

Kata Mardoni, selain layanan udara, Anambas juga punya keinginan memiliki pelabuhan bertarap internasional. Keinginan tersebut sudah pernah disampaikan kepada pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Memang Anambas punyai keinginan dimana tahun 2020 kita sudah coba berkunjung ke Menko Maritim berdiskusi mengenai rencana membangun pelabuhan bertarap internasional,” ungkapnya.

Selain untuk menggenjot sektor pariwisata dan perikanan keberdaan pelabuhan tersebut juga memang benar-benar sangat dibutuhkan bagi kenyamanan kapal-kapal yang keluar masuk Anambas.



“Kondisi pelabuhan kita khusus di Tarempa saat ini boleh dikatakan sudah tidak memungkinkan lagi karena disitu tempat menurunkan penumpang dan disitu juga dilaksanakan bongkar muat barang,” pungkasnya.

Menurut Mardoni, kebutuhan bongkar muat di Pelabuhan Tarempa terpantau cukup tinggi sementara pelabuhan tersebut tidak memiliki  area penumpukan atau gudang.

“Jadi ini salah satu kendala bagi pengelola pelabuhan dalam melayani bongkar muat, karena kondisi seperti ini makanya Anambas berencana mengusulkan pembangunan pelabuhan untuk melayani bongkar muat,” imbuhnya.

Mengenai rencana tersebut, Mardoni memastikan pihaknya telah melakukan kajian dan menyiapkan berkasanya pada tahun 2020 lalu. Berkas dari hasil kajian tersebut telah diserahkan ke kementerian terkait.

“Kita berharap usulan tersebut bisa diakomodir dengan APBN oleh Kementerian Perhubungan. Jadi teman-teman media kalau bisa bantu expos kendala yang kita dapati di Anambas hususnya mengenai pelayanan moda transportasi apa lagi kita berada di perbatasan tentu tidak lepas dari kerjasama media untuk mempollow-up  berita yang bisa mempercepat pembangunan,” harapnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra