Selama Tiga Hari KPP Natuna Gelar Rakor dan Pelatihan SAR Daerah di Anambas

oleh -369 views
Mexianus Bekabel, Kepala KPP Basarnas Natuna ketika diminta keterangan oleh koranperbatasan.com terkait kegiatan yang diadakan selama tiga hari di Anambas.

ANAMBAS – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Natuna, terhitung mulai Selasa, 27 Juli 2021 hingga tiga hari kedepan akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencarian dan Pertolongan (SAR) Daerah dan Latihan SAR Daerah tahun 2021 di Anambas.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, kepada wartawan koranperbatasan.com saat berada di Kabupaten Kepulauan Anambas, (Anambas) Provinsi Kepulauan Riau, Senin, 26 Juli 2021.

Kata Mexianus, rencananya rapat koordinasi dan pelatihan itu akan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, dan akan dihadiri oleh utusan dari TNI-Polri, Basarnas, serta para relawan gabungan instansi terkait.

“Jadi rakor pimpinan daerah dan latihan SAR daerah ini terkait dengan kegiatan bagaimana koordinasi komunikasi kami dengan instansi vertical, OPD pemerintah daerah dan masyarakat terkait lainnya, terhadap penanganan kecelakaan kapal di laut,” katanya menjawab koranperbatasan.com, Senin, 26 Juli 2021.

Menurut Mexianus, selama ini masih ada banyak instansi yang belum mengetahui terkait tugas bersama dalam menagani suatu musibah yang terjadi baik di laut maupun di darat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, mejawab pertanyaan awak media saat berada di Kabupaten Kepulauan Anambas, (Anambas) Provinsi Kepulauan Riau, Senin, 26 Juli 2021.

“Terkadang kita bertanya ini tugasnya siapa? akhirnya kita kasih tau alur komunikasinya. Kita komunikasikan sama nelayan, Bakamla, Porlair dan DKP atau Sahbandar sampai pergerakan ke alur titik lokasinya kita akan menggunakan apa. Terkait kondisi cuaca kita komunikasi ke BMKG untuk mendapati cuaca yang ril. Dalam melakukan pertolongan, maka perlu diadakan koordinasi bersama,” terangnya.

Ia menjelaskan untuk pelatihan kegiatan simulasi terkait tatacara penanganan akan diadakan pada hari Kamis, 29 Juli 2021. Kegiatan tersebut sudah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19.



“Hari Kamis pelaksanaa ril pergerakan alur, baik itu kapal besar KAL-nya Angkatan Laut, Polairut dan Seareder yang kami miliki ini. Nah, untuk acara simulasi di laut, kita sudah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19, karena ini tidak bisa kita laksanakan pakai zoom miting, harus ril, dan tetap akan kita laksanakan sesuai dengan prokes,” jelasnya.

Mexianus memastikan untuk simulasi pergerakan menghadirkan peserta sebanyak 30 orang berasal dari TNI, dan Polri, Pemerintah Daerah serta Basarnas senderi.

“Kalau masyarakat tidak ada, masyarakat itu ada yang namanya pelatihan potensi, mudah-mudahan tahun depan kalau sudah tidak ada PPKM akan kami adakan pelatihannya di Anambas, karena Anambas sebagai ujung tombak Kantor SAR Natuna,” ujarnya.

Jadi lanjut Mexianus, kegiatan Basarnas ini akan berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak Selasa, 27 Juli sampai dengan hari Kamis, 29 Juli 2021. Dua hari akan diadakan dalam ruangan kelas, dan satu harinya aplikasi sekaligus penutupan.

“Pesertanya 30 orang sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh gugus tugas dan kita tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dan nanti dari tim gugus tugas akan memantau kita,” tutupnya. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra