Mengenal Sosok Dr. Masykur, ST, MM Calon Sekda Provinsi Kepri

oleh -809 views
Dr. Masykur, ST, MM, Calon Sekda Provinsi Kepulauan Riau, yang telah lolos seleksi administrasi

NAMANYA tidak begitu asing di telinga. Diserantau Kepulauan Anambas sosok itu sudah akrab dikenal. Ia adalah Dr. Masykur, ST, MM salah satu Pejabat Negeri Sipil (PNS) terbaik di Provinsi Kepulauan Riau, saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Di Kepulauan Anambas, tokoh birokrasi itu dinilai sangat dekat dengan masyarakat. Bekround-nya sebagai tokoh birokrasi menjadikan ia mudah dikenal oleh banyak orang, karena sering berintraksi dengan masyarakat.

Baru-baru ini Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Provinsi Kepulauan Riau telah mengeluarkan berita acara dan mengumumkan bahwa nama Dr. Masykur, ST, MM, lolos seleksi administarsi jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.

Dr. Masykur, ST, MM diketahui satu-satunya tokoh birokrasi yang dinyatakan telah lolos mengikuti seleksi administrasi untuk bisa menjabat sebagai Sekdaprov Kepri berasal dari daerah perbatasan dan maritim kepulauan yakni Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia berada pada nomor tiga dari delapan nama peserta, pada tabel daftar urutan nama berdasarkan abjad yang telah dinyatakan lolos seleksi administari oleh panitia untuk Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.

Wajar saja, sebab secara administrasi dia telah pernah dipercaya memimpin sejumlah posisi penting di Kabupaten Kepulauan Anambas, diantaranya pernah menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Anambas (2017-2018), Kepala Dinas Perhubungan Anambas (2014-2016), Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Anambas (2012-2014) dan Ketua Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) Anambas (2012-2014), serta menjabat sebagai Penanggung Jawab Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Anambas (2012-2014).



Ia juga pernah dipercaya sebagai Plt Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Anambas (2010-2012), Kepala Bidang Diklat Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah Anambas (2011-2012), Kepala Subbidang Diklat Badan Kepegawaian Daerah Anambas (2009-2010), dan Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan Bagian Keuangan Setda Anambas (2009) serta Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Darat Dinas Perhubungan Pos dan Telekomunikasi Anambas (2008).

Masykur kecil menjalani pendidikan tingkat dasarnya di SD 001 Tarempa (1991), kemudian dia meneruskan sekolahnya di SMPN 2 Tarempa (1994). Setelah itu, dia melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMU Adabiah Jurusan IPA, Padang (1997).

Seorang Masykur tidak berhanti sampai disitu saja. Keinginannya untuk memiliki pengetahuan dan ilmu yang banyak lagi membuat dia memutuskan untuk melenjutkan pendidikan di STRATA-1 Jurusan Tekni Manajemen Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (2001), dan Magester (S-2) Jurusan Manajemen SDM Universitas Tanjungpura, Pontianak (2009) serta berhasil memperoleh gelar Doktor (S-3) Jurusan Manajemen Sumberdaya Manusia Universitas Negeri Jakarta, selesai tahun 2017.

Ternyata pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lahir di Bukit Tinggi pada tanggal 1 November 1978 silam ini, selama mengabdi sudah mengikuti berbagai diklat diantaranya Diklat Kepemimpinan Nasional Tk.II tahun 2019. Diklat Kepemimpinan Tk.IV tahun 2018, dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang LLAJ, Pusdiklantas Polri Serpong tahun 2005 serta Perencanaan Jaringan Trayek (PJT) Dephub RI tahun 2004.

Dia adalah suami dari perempuan cantik bernama Susilawati, dan ayah dari Octharama Putra Kusuma, juga Dwi Chaesar Putra Kusuma, serta Tri Athifa Putri Kusuma. Saat ini lelaki yang memeluk agama Islam tersebut memiliki Pangkat/Golongan Ruang Pembina Utama Muda IV C dan dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Kepulauan Anambas. (***).


Laporan : Azmi Aneka Putra