Terima Laporan Yacht Eagle Wings Berpenumpang WNA Bocor, Basarnas Turunkan Tim Gabungan

oleh -337 views
Basarnas Natuna melalui Pos SAR Anambas menurunkan Tim Sar Gabungan, Minggu 30 Juli 2023 untuk memberikan pertolongan kepada Kepal Yacht Eagle Wings.

ANAMBAS – Basarnas Natuna melalui Pos SAR Anambas menerima laporan adanya satu kapal berbendera Malaysia dan berpenumpang Warga Negara Asing (WNA) Malaysia dan Singapura mengalami kebocoran disekitar koordinat 2° 50.378’N 106° 5.059’E atau sekitar 24.3 Nm ke arah 202° barat daya dari Pos SAR Anambas, Minggu 30 Juli 2023.

Laporan alami kebocoran Yacht Eagle Wings berpenumpang tujuh orang yang membutuhkan pertolongan segera itu terjadi di sekitar perairan Pulau Mentayu, Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Provinsi Kepulaun Riau.

Diketahui Yacht Eagle Wings menempuh pelayaran dari Nongsa Batam menuju Anambas. Setelah melakukan koordinasi singkat dengan pihak berwenang TNI dan Polri serta Imigrasi Tim SAR Gabungan bergerak menuju LKP (Last Known Position) menggunakan RIB 02 Natuna dengan membawa serta alat Komunikasi, Navigasi serta alat keselamatan lainnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Abdul Rahman membenarkan atas infoasi tersebut dan segera meminta anggota Basarnas yang ada di Pos SAR Anambas guna memberi pertolongan kepada penumpang dan ABK Yacht Eagle Wings.

“Kita telah mengerakan satu unsur Tim SAR Gabungan untuk memberikan upaya pertolongan terkait kondisi kapal yang mengalami kebocoran. Kita berharap semua dalam keadaan baik dan segera cepat tertangani terkait kebutuhan pertolongan,” terang Abdul Rahman.

Abdul Rahman juga berpesan agar komandan tim diharapkan memperhatikan seluruh personel yang tergabung dalam unsur pertolongan untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan terus memperhatikan kondisi alat keselamatan yang ada serta faktor cuaca di sekitar lokasi. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra