Bakti Sosial Penyemprotan Disinfektan Antisipasi Serangan Covid-19 di Kotaagung

oleh -382 views
Suasana-saat-berlangsungnya-bakti-sosial-di-Kotaagung

KOTAAGUNG (KP),- Lembaga Konservasi dan Lingkungan Hidup Lingakar Nature Tanggamus (LINTANG) Bersama Komunitas Pecinta Alam (KPA), Anak Cinta Alam Kotaagung (ACAK) dan ARSEDA Cofee Ikut berpartisipasi dalam pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan Bakti Sosial (Baksos), penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Kelurahan Kuripan, Jalan Bayangkhara, Jalan Pelita, Jalan Puteri Madang, dan Rumah Dinas Bupati serta Wakil Bupati, Jum’at 03 April 2020.

Kegiatan tersebut menurut Ibnu Hiban (35) Ketua LINTANG selaku penggerak kegiatan menjelaskan bahwa penyemprotan cairan disinfektan ini adalah Baksos guna mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan dini serangan Covid-19 diwilayah Kabupaten Tanggamus, khususnya di Kelurahan Kuripan.

Baksos ini katanya, dilakukan bersama-sama oleh beberapa pihak yakni LINTANG, ACAK, dan KPA sedangkan Arseda Coffe selaku seponsor. “Kegiatan ini untuk mendukung program Pemerintah Pusat dan Pemerintahj Daerah Tanggamus dalam upaya pencegahan dini memutus mata rantai penularan serangan Covid -19,” sebut Ibnu Hiban.

Menurut Ibnu Hiban, Baksos juga dilakukan guna mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus mematuhi himbawan Bupati Hj. Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Depan Penanganan Covid-19, seperti membudayakan hidup bersih, selalu mencuci tangan dari setiap berpergian, menjaga jarak, dan tidak berkumpul dalam kerumunan, serta menggunakan masker, juga melaporkan jika ada masyarakat datang (mudik) dari luar daerah khusunya Pulau Jawa ke pemerintah setempat (RT-red) dan Dinas Kesehatan setempat.

 “Kami atas nama Lembaga Konservasi dan Lingkungan Hidup LINTANG berharaf seluruh masyarakat Tangggamus dapat mematuhi himbawan dari Bupati Tanggamus (Bunda Dewi-red), guna mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19) diwilayah Tanggamus, sehingga dapat memutus mata rantai wabah ini,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Syahrullah, selaku Kordinator Pelaksana Kegiatan Baksos, mewakili Ketua ACAK, Khairullah. Kata Syahrullah penyemprotan dimulai dari lingkungan Madang 1 menuju Kantor Polsek Kotaagung, Rutan dan Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati serta Kantor Kelurahan Kuripan, termasuk Puskesmas. “Kami menggunakan alat semprot stem menggunakan mobil, dan alat manual semprot, dan wilayah penyemprotan kami mulai dari lingkungan Madang 1 Jalan Puteri Madang, Jalan Pelita dan disepanjang Jalan Bayangkhara hingga Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus,” terangnya.



Jumlah personil yang diterjunkan dalam Baksos tersebut katanya, sebanyak 30 orang. “Kami menerjunkan 30 personil dalam kegiatan ini. Dari gabungan LINTANG, ACAK, dan Arseda Coffe, yang disebar diberbagai tempat wilayah Kelurahan Kuripan,” pungkasnya.

Terpisah, Delsi Samsumar, Pengurus Usaha UMKM Arseda Coffee selaku sponsor dalam kegiatan Baksos mengatakan Arseda Coffee selalu siap medukung program pemerintah baik pusat ataupun daerah, khususnya dalam pencegahan wabah Covid-19. “Kami memiliki keterbatasan dana akan tetapi inilah bentuk dukungan kami terhadap pemerintah. Walau hanya lingkup satu kelurahan saja. Kami  berharaf kedepan dapat memperluas areanya. Semoga dapat menjadi edukasi masyarakat mendukung pemerintah dalam pencegahan wabah ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Kuripan, Hendarman Wahid mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh LINTANG, ACAK, dan Arseda Coffe. Ia berharaf agar selalu sinergi dan berkordinasi dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Tanggamus. “Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Tanggamus khusunya Kelurahan Kuripan berterima kasih serta mendukung adanya program penyemprotan disinfektan  yang dilakukan rekan-rekan LINTANG, ACAK, dan Arseda Coffe. Kami berharaf dapat selalu bersinergi dan berkordinasi dalam program apapun untuk edukasi masyarakat di Kabupaten Tanggamus khususnya di Keluarahan Kuripan. Apalagi dalam menghadapi wabah Covid-19 ini,” pungkasnya.

Senada apresiasi juga sampaikan oleh Babinsa Kotaagung, Sertu Waldi mewakili Danramil Kotaagung, Kapten Julian Abri, mendampingi Dandim 0424 Letkol Arman Arisalo. “Jangan tanyakan apa yang diberikan negara, tetapi apa yang sudah dilakukan untuk Negara,” tegasnya. (KP).


Laporan : Arzal



Memuat...