Belakang Gunung Siapkan 30 Persen Dana Desa Untuk Penanggulangan Covid-19

oleh -449 views
Rausman-Kepala-Desa-Belakang-Gunung-Kecamatan-Bunguran-Utara

NATUNA (KP),- Dana Desa (DD) untuk kegiatan pembangunan fisik di Desa Belakang Gunung Kecamatan Bunguran Utara pada tahun 2020 ini terpaksa harus dipangkas sebesar 30 persen untuk penanggulangan Covid-19.

Kata Kepala Desa Belakang Gunung, Rausman, sebelumnya pada APBDes telah disepakati 5 kegiatan fisik bersumber dari dana tersebut. Pembangunan itu, adalah dua paket semenisasi jalan menuju ke kebun masyarakat, dan 3 drainase.

“Yang sudah terealisasi sekarang ada dua, tapi masih dalam tahap pengerjaan, yaitu semenisasi jalan menuju ke kebun masyarakat dan drainase. Jadi ini adalah bentuk kegiatan APBDes yang bisa terkaper oleh kami pada tahun ini,” ujarnya kepada koranperbatasan.com, Senin, 04 Mei 2020.

Untuk sementara ini, kata Rausman dana pembangunan fisik di desanya terjadi pemangkasan sebesar 30 persen. “Sebanyak 30 persen untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, salah satunya akan digunakan untuk BLT. Sekarang kita sedang menunggu keputusan dari kementerian terkait,” terangnya.

Terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT), Rausman menyebutkan ada 60 orang warga akan diberikan bantuan tersebut. “Sisanya kami masukkan ke BLT dana desa. Untuk sementara ini kami belum dapat dapat menentukan siapa yang berhak menerima BLT, sebab kami masih menunggu keputusan dari Kemensos,” jelasnya.

Jumlah tersebut menurutnya masih belum final, semuanya tergantung pada keputusan kementerian terkait. “Takutnya yang kami usulalkan 60 hanya masuk 40 saja, sisanya 20 orang ini jika kami sahkan terlebih dalulu pada APBDes tentu tidak dapat. Makanya sekarang kami menunggu keputusan riil dari Kemensos. Mudah-mudahan tidak ada permasalahan dari keputusan Kemensos,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Sandi




 


Memuat...