Berikut Ini Syarat-syarat Pembuatan Kelaring di Kantor Lurah

oleh -243 views

NATUNA (KP),- Plt Sekretaris Lurah Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Riduan, S.IP menyebutkan sebelum menikah, selain mempersiapkan detail acara dan akad nikah, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu mengurus Surat Pengantar Nikah (Kelaring) dari kelurahan.

“Surat Pengantar Nikah (Kelaring) dari kelurahan merupakan salah satu persyaratan yang wajib disertakan jika ingin mendaftarkan pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA),” sebut Riduan menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Selasa, 22 Desember 2020.

Riduan mengatakan, adapun syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam pengurusan Surat Pengantar Menikah (Kelaring) dari kelurahan diantaranya membawa surat pengantar RT/RW, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua calon, fotocopy KTP kedua orang tua calon, potocopy KK kedua orang tua calon, fotocopy ijazah terakhir kedua calon, fotocopy  akta kelahiran kedua calon, fotocopy akta cerai (jika duda/janda), dan pas foto ukuran  3X4 masing-masing calon sebanyak 1 lembar.

“Setelah persyaratan itu lengkap, maka yang bersangkutan akan mendapatkan Surat Pengantar Nikah (Kelaring) dari kelurahan untuk dibawa ke KUA,” ujar Riduan.

Riduan mengakui, terkadang ditemukan kendala yakni perbedaan nama pada akta kelahiran dan KTP, namun masih ada solusi yakni dengan membuat surat pernyataan dari kelurahan bahwa perbedaan nama itu adalah orang yang sama.

“Misalnya nama saya Riduan pada akte kelahiran, sedangkan di KTP namanya ditulis Riduwan, maka dibuat lagi surat pernyataan dari kelurahan bahwasanya itu orang yang sama,” pungkas Riduan.

Disamping itu tambah Riduan, dianjurkan agar jauh-jauh hari sebaiknya disingkronkan terlebih dahulu antara nama di Akte dan KTP. Bila tidak cocok segera diubah di Disdukcapil, agar datanya bisa valid selamanya.



Sebagai penutup, Riduan mengajak siapa saja yang mau menikah namun masih bingung dengan persyaratan pengurusan Surat Pengantar Nikah (Kelaring), boleh datang ke Kantor Lurah Batu Hitam untuk berkoordinasi. “Kita siap melayani dengan sepenuh hati,” tutup Riduan. (KP).


Laporan : Johan



Memuat...