Blangko E-KTP Habis, Disduk Capil Tanggamus Gunakan Suket

oleh -61 views
Sampai-sekarang-pembuatan-E-KTP-yang-digantikan-dengan-Suket

TANGGAMUS (KP),- Menyikapi habisnya blangko elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Tanggamus akibat kehabisan blangko Elektronik – Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) sampai saat ini terpaksa menggunakan Surat Keterangan (Suket).

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Disduk Capil Tanggamus, Syarif Husin kepada wartawan Kamis, 07 November 2019. Menurut Syarif, blangko yang dipersoalkan itu masih di Kementerian, dan saat ini Disduk Capil belum mendapatkan blangko tersebut. “Blangko itu dari Kementrian, dan kami belum mendapatkan kabar bahwa akan adanya blangko untuk pembuatan E-KTP untuk penduduk,” sebutnya.

Katanya, proses pembuatan E-KTP sangatlah mudah dan pegawai Disdukcapil akan melayani masyarakat yang ingin membuat E-KTP tersebut. “Pembuatan E-KTP sangatlah mudah. Cepat dan tidak dipungut biaya. Kalau sudah rekaman, datanya sudah masuk ke pusat, itu langsung bisa jadi dalam sehari. Sekarang pun kalau ada yang ingin membuat E-KTP kita gantikan dengan Suket. Suket itu kegunaannya sama seperti E-KTP dan berfungsi selama 5 bulan,” terangnya.

Syarif menjelaskan dalam sehari pembuatan E-KTP mencapai 150 orang, bahkan bisa lebih. Sampai sekarang pembuatan E-KTP yang digantikan dengan Suket. Sementara yang belum mendaftarkan diri untuk pembuatan E-KTP menurut data Disdukcapil mencapai 54.841 orang.

Sebagai Kadisduk Capil Tanggamus, Syarif menghimbau kepada masyarakat yang sudah mendapatkan E-KTP, janganlah ceroboh dalam hal apapun. “Saya sebenarnya sangat kesal dengan masyarakat yang ceroboh saat sudah ada E-KTP. Pemerintah sekarang ini memanjakan masyarakat, karena digratiskan. Masyarakat jadi ceroboh dengan alasan hilang nanti buat lagi,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa itu-lah yang membuat blangko cepat habis. “Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga dan memperhatikan E-KTP dan simpanlah dengan baik. Karena itu identitas kita. Untuk yang belum membuat KTP, saya harap agar cepat mendaftarkan ke Capil, karena itu harus untuk kepentingan mereka sendiri, sekarang ini semua akses menggunakan KTP,” tutupnya. (KP).


Laporan : Arzal