Bupati Buka Natuna Expo Sempena Hari Jadi Kabupaten Natuna Ke-20

oleh -14 views
Bupati-Kabupaten-Natuna-Abdul-Hamid-Rizal-secara-resmi-membuka-acara-Natuna-Expo-Sempena-Hari-Jadi-Kabupaten-Natuna-Ke-20

NATUNA (KP),- Bupati Kabupaten Natuna, Abdul Hamid Rizal secara resmi membuka acara Natuna Expo Sempena Hari Jadi Kabupaten Natuna Ke-20, bertempat di Lapangan Bola Kaki Sri Srindit Kelurahan Ranai Kota Kecamatan Bunguran Timur, Minggu 06 Oktober 2019 malam.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Natuna, Ketua beserta segenap DPRD Kabupaten Natuna, Sekretaris Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya menyebutkan bahwa Kabupaten Natuna sudah menapati usia 20 tahun. Dengan berbagai kemajuan berhasil dicapai. Keberhasilan yang dicapai saat ini tidak lain karena sumbangsih, kerja keras dan komitmen berbuah prestasi bersama. Dimana secara bertahap, Natuna sebagai beranda terdepan yang lebih maju dan sejahtera dapat diwujudkan.

Untuk itu, kata Abdul Hamid Rizal, apresiasi disampaikan kepada semua pihak, terutama ide kritis yang selalu disampaikan, sebagai bentuk kepedulian dalam pembangunan menuju pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan yang lebih baik.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Natuna telahpun ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional, tepatnya pada 2018 lalu, mengingat daerah ini memiliki potensi alam dan karakter geografis sangat unik, strategis, terutama bagi pengembangan sector pariwisata, perikanan dan maritim.

Penetapan Geopark Nasional ini lanjut Abdul Hamid Rizal, juga berimbas pada peningkatan jumlah realisasi program kerja pemerintah pusat di daerah yang bertujuan untuk mendukung pengembangan potensi daerah dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Namun, sebaik apapun program yang ditetapkan tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan memberikan nilai tambah bagi daerah jika tidak didukung oleh semua unsur pembangunan, terutama keterlibatan masyarakat setempat sebagai ujung tombak, pelaku sekaligus sasaran program.

Pada kesempatan yang sama, Penanggungjawab Event Natuna Expo, Wan Siswandi, melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan dan puncaknya peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna Ke- 20 pada tanggal 12 Oktober 2019.

Dari 15 Kecamatan yang ada, hanya 8 kecamatan yang mengikuti kegiatan pameran Stand Expo, yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Pulau Tiga Barat, Serasan Timur, Pulau Laut, Midai, Bunguran Timur Laut, Bunguran Selatan dan Pulau Tiga.

Selain itu, Stand Pameran juga diisi oleh beberapa OPD, yakni Dinas Ketahanan Pangan, BP3D, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pertanian dan Dinas Komunikasi dan Informatika, ditambah beberapa stand lain dari instansi dan lembaga lainnya.

Dalam rangkaian Natuna Expo kali ini, direncanakan pula akan digelar kegiatan seminar geopark pada tanggal 8 Oktober 219 mendatang, dengan menghadirkan naraasumber dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Menkomaritim dan Universitas Air Langga Pajajaran Bandung. (KP).


Kontributor : Humas Natuna