Bupati Tanah Laut Serahkan Bantuan dan Resmikan LPM di Ketapang Bajuin

oleh -245 views
Bupati-Tanah-Laut-Sukamta-saat-menyerahkan-bantuan-kepada-perwakilan-kelompok-petani

PELAIHARI (KP),- Bupati Kabupaten Tanah Laut, H. Sukamta resmikan dan serahkan fasilitas penunjang kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM) dan pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) Kamis, 16 Januari 2020 di Penggilingan Padi Kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang Kecamatan Bajuin.

Pada acara tersebut Sukamta tandatangani Perjanjian Hibah Daerah kepada Kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang Kecamatan Bajuin sebagai penerima bantuan pemerintah berupa 1 unit mesin Rice Miling Unit (RMU), lantai jemur dan bangunan lumbung.

Dalam sambutannya Sukamta ingin agar pasokan pangan untuk Ibu Kota Baru Republik Indonesia dipasok lebih banyak dari Kabupaten Tanah Laut. Menurut Kamta akan ada 1 juta pegawai pindah ke Ibu Kota Baru Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kalimantan Timur yang tentunya akan meningkatkan kebutuhan pangan disana.

“Oleh sebab itu kami ingin agar para petani kita memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya dan saya yakini ini akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Tanah Laut,” tegas Kamta.

Ia juga menghimbau para petani dan penyuluh pertanian agar lebih bersemangat dalam memajukan pertanian di Kabupaten Tanah Laut. Kabupaten Tanah Laut sendiri merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Kalimantan yang diberikan kepercayaan untuk melaksanaan program-program dari Kementrian Pertanian, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut juga sangat mendukung program-program tersebut.

“Karenanya saya himbau agar para petani untuk lebih semangat agar pertanian di Kabupaten Tanah Laut semakin maju yang tentunya juga akan memberikan manfaat bagi daerah,” tutup Kamta.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan serah terima bantuan Kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) berupa dana rehap bangunan lumbung penyimpanan gabah petani dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah kepada Kelompok Tani Serumpun Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang dan Gabungan Kelompok Tani Mekar Sari Desa Labuhan Amas Kecamatan Bumi Makmur.



Bantuan pemerintah untuk pengisian gabah masing-masing 6 ton kepada 4 kelompok lumbung dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional yang diterima oleh Kelompok Lumbung Berkat Permai Jaya Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari, Kelompok Lumbung Usaha Mandiri Desa Batalang Kecamatan Jorong, Kelompok Lumbung Usaha Maju Desa Tabanio Kecamatan Takisung dan Kelompok Lumbung Mitra Usaha Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang.

Kemudian bantuan pemerintah untuk Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional berupa revitalisasi mesin Rice Miling Unit (RMU) yang diterima oleh Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Tambak Karya Kecamatan Kurau dan Kelompok Tani Sember Rezeki Desa Handil Birayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur.

Penandatanganan perjanjian hibah daerah dan penyerahan bantuan pemerintah tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Tanah Laut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Laut serta hadirin lainnya.

Sebelum acara berakhir, Sukamta sempat menguji coba langsung mesin Rice Miling Unit yang dihibahkan kepada Kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang guna memastikan mesin tersebut berfungsi dengan baik. (KP).


Laporan : Adam Subayu



Memuat...