Bupati Tanggamus, Hadiri Rapid Test Massal di Pasar Talang Padang

oleh -208 views
Situasi-berlangsungnya-rapid-test-massal-kepada-para-pedagang-pasar-di-Pasar-Talang-Padang-oleh-Tim-Gugus-Tugas-Covid-19-Kabupaten-Tanggamus

TANGGAMUS (KP),- Setelah sebelumnya di Pasar Kota Agung. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus, kembali melaksanakan rapid test massal kepada para pedagang pasar, Senin (4 Juni 2020) pukul 08.00 WIB.

Kali ini rapid test dilaksanakan di Pasar Talang Padang, dipusatkan di posko yang disiapkan bersebelahan dengan Pos Satlantas Polres Tanggamus, yang berada di area pasar tersebut.

Rapid test dihadiri langsung Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, didampingi Wakil Bupati Hi. AM. Safii, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo dan Kajari Tanggamus David Palapa Duarsa, SH. MH.

Selain itu, tampak hadir Kadinkes Tanggamus Taufik Hidayat, para Asisten Bupati, Kasat Sabhara Polres Tanggamus AKP Harry Suryadi, SH., Kasat Lantas Polres Iptu Rudi, S., SH. Danramil Talang Padang dan Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin.

Sebelum rapid test dengan pengambilan sampel, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun dan masyarakat didata identitas lengkapnya. Hingga nomor handphone oleh petugas medis, yang menggunakan APD lengkap.

Hingga pukul 10.30 WIB, tim gugus tugas telah mencatat tiga masyarakat yang hasil rapid testnya reaktif. Sehingga saat itu juga, langsung dilakukan pengambilan swab test. Bupati Hj. Dewi Handajani mengatakan, bahwa di Talang Padang ini merupakan rapid test massal yang kedua.

setelah beberapa hari lalu dilaksanakan di Pasar Kota Agung, dengan sasaran masyarakat yang beraktifitas di Pasar Talang Padang. “Yang telah terdaftar sekitar 140 orang yang akan di rapid test, namun akan dilihat nanti bagaimana hasilnya. Dan sudah ada tiga orang yang hasilnya reaktif,” ungkap Bupati.



Menurutnya, kegiatan rapid test dilaksanakan pihaknya sebagai upaya keterbukaan serta upaya pencegahan gugus tugas Covid-19. “Ini merupakan keterbukaan dan harus disampaikan apa adanya. Sehingga akan menjadi kewaspadaan baik gugus tugas maupun masyarakat. Bahwa Covid-19 bukan sesuatu yang bisa disepelekan dan harus serius serta menahannya secara profesional,” ungkapnya.

Bupati menegaskan, dengan kegiatan tersebut diharapkan upaya gugus tugas dalam memutus mata rantai Covid-19. “Sehingga Kabupaten Tanggamus, benar-benar terjaga dari penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Ditempat sama, Kapolres AKBP Oni Prasetya, mengatakan bahwa pihaknya bersama TNI dan instansi, terkait melaksanakan pengamanan kegiatan. Serta melakukan penertiban di jalan raya terhadap masyarakat yang belum patuh memakai masker.

Kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau masyarakat untuk patuh terhadap anjuran pemerintah dalam pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19. “Mari bersama-sama mendukung himbauan pemerintah. Apabila merasa atau hasil pengecekan suhu tubuh maupun, ada gejala agar kooperatif melalukan rapid test,” harapnya. (KP).


Laporan : Arzal

Editor : Riduan


 


Memuat...