Camat Bungsel Himbau Desa Utamakan Kebutuhan Dari Keinginan

oleh -175 views
Camat-Bunguran-Selatan-Bungsel-Kabupaten-Natuna-Faisal-S.STP-menjawab-koranperbatasan.com-di-ruang-dinasnya

NATUNA (KP),- Camat Bunguran Selatan (Bungsel), Kabupaten Natuna, Faisal, S.STP dalam menjalankan funsinya meminta desa-desa yang ada di wilayah kerjanya mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan saat membuat rencana program kerja.

Hal itu menurut Faisal dilakukan kerana fungsi kecamatan mengkoordinasikan apa-apa saja yang menjadi permasalahan di desa untuk dijadikan program kerja. Sebelum desa mengesahkan APBDes untuk dijadikan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.



“Tujuannya agar pelayanan pemberdayaan dan pembagunan tepat sasaran. Karena kepala desa itu, adalah otonomi tingkat tiga. Meraka punya visi misi sendiri. Mereka bisa menjadi kepala desa dipilih oleh masyarakatnya. “ Jadi pemerintah kecamatan itu tugas dan fungsinya adalah penyelenggaraan pemerintah umum, juga pelayanan publik,” jelasnya.

Kata Faisal, memberi pelayanan kepada publik secara maksimal dan pembinaan terhadap desa-desa yang berada diwilayah kerjanya agar tetap berkoordinasi, adalah target utama. “Contoh dulu ada mau bikin pabrik mini gula. Ini saya bilang kebutuhan atau keinginan. Mereka jawab, butuh pak karena kita semua manusia ini makan gula. Ingin minum kopi, minum teh segala macam butuh gula. Terus saya bilang betul itu butuh, tapi untuk tahap ini masih keinginan,” ungkapnya.

Alasannya menurut Faisal belum adanya penunjang pabrik yang dimaksud, sehingga rencana tersebut tidak masuk pada kebutuhan. “Saya tanya ada berapa hektar kebun tebu? Jawabnya kita belum ada. Jadi kalau kita mau bikin pabriknya, kita harus siapkan dulu kebun tebunya. Kita harus tau dulu berapa operasional pabrik gula ini. Tertutup gak, nanti sama penjualan kita,” tuturnya kepada koranperbatasan.com, Rabu 13 Mei 2020.

Maksud saya, lanjut Faisal, perencanaan bisnisnya itu, harus benar-benar matang. Jangan sampai nanti uang sudah dianggarkan, tapi tutup ditengah jalan. “Kalo berhenti ditengah jalan kan sayang. Karena ini uang rakyat jadi harus bisa berkembang menambah income di desa untuk pembangunan masyarakat,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Riduan/Johan


 


Memuat...