Desa Hambuku Tengah Jadi Desa Tangguh Bencana 2020

oleh -31 views
Persiapan-BPBD-Kalsel-untuk-Desa-Tangguh-Bencana-Tahun-2020

HULU SUNGAI UTARA (KP),- Program desa tangguh bencana direncanakan akan kembali dilaksanakan tahun 2020. Salah satu desa yang akan dijadikan desa tangguh bencana ialah desa Hambuku Tengah Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Saat berkunjung ke Desa Hambuku Tengah, Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel Muhari mengatakan Desa Hambuku Tengah adalah salah satu desa yang rawan bencana.

Menurutnya, ada tiga bencana yang sering terjadi yakni banjir, karhutla, dan puting beliung.  Desa tersebut juga kerap menjadi posko bencana untuk beberapa desa tetangga. “Salain itu, akses transfortasi saat bencana terjadi, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Desa Hambuku Tengah, Rizali mengatakan pihaknya sangat mengapreasi BPBD Kalsel yang ingin menjadikan desanya sebagai desa tangguh bencana. “Semoga tahun depan program ini bisa terealisasi, sehingga kami memiliki keahlian menghadapi bencana,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kabupaten Hulu Sungau Utara dan para aparatur desa. (KP).


Pewarta : Adam Subayu