Dinas Kehutanan Kalsel Turut Berupaya Dalam Penanganan Covid-19  

oleh -221 views
Salah-satu-petugas-yang-melalukan-cuci-tangan-saat-akan-melakukan-aktifitas

KOTABARU (KP),- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan turut berupaya menekan secara masif penyebaran virus corona (Covid-19) melalui upaya disinfeksi ditengah masyarakat.

Untuk mengatasi cairan kimia disinfektan yang menjadi langka dipasaran pasca merebaknya virus corona, alternatif yang dapat digunakan adalah dengan penggunaan disinfektan dari asap cair yang dihasilkan.

Diwilayah KPH Pulau Laut Sebuku, terdapat 2 Kelompok Tani Hutan (KTH) yang memproduksi asap cair, yaitu KTH Tunas Harapan Bersama Desa Langkang Baru Kecamatan Pulau Laut Timur dan KTH Usaha Bersama Desa Teluk Sirih Kecamatan Pulau Laut Selatan Kabupaten Kotabaru.

Memenuhi permintaan,  saat ini kedua KTH tersebut secara terus menerus berupaya memproduksi asap cair setiap hari. Adapun bahan baku yang digunakan adalah dengan memanfaatkan limbah kayu, pertanian/perkebunan yang kemudian dikonversi menjadi asap cair melalui proses pemurnian asap cair dengan menggunakan peralatan pengolah asap cair yang diperoleh atas hibah dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019. (KP).


Laporan : Adam Subayu





Memuat...