Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Diminta Membuat MoU Khusus Penanganan Covid-19 di Sekolah

oleh -1.754 views
Kepala-Puskesmas-Ranai-Nazri-S.Kep_.Ners-saat-memberikan-keterangan

NATUNA (KP),- Kepala Puskesmas Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Nazri, S.Kep,.Ners menyebutkan sudah ada kerjasama tertulis dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan Tim P3K Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Bunguran Timur.

Menurutnya, kerjasama tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan siswa. “Karena kalau kita tidak sehat, selera belajarnya berkurang,” kata Nazri, menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Kamis, 16 Juli 2020.

Nazri menyebutkan, ada pelatihan UKS semacam dokter kecil pada tingkat SD, SMP namanya Remaja UKS. Terdapat juga pembinaan berupa penyuluhan kespro dan pemberian vitamin. “Bahkan di SMP pada saat apel-apel tertentu kita membina, dan itu sudah tertuang dalam MoU,” jelas Nazri.

Sedangkan selama masa pandemi Covid-19, hampir tidak ada pembinaan karena sekolah tutup. “Kami turun ke rumah-rumah remaja, namun itu kurang efektif karena banyak yang tidak terjangkau. Tapi sekarang sekolah sudah buka,” ujarnya.

Nazri memastikan, ada atau tidak Covid-19 memang sudah menjadi tugas Puskesmas Ranai terkait kesehatan siswa. “Untuk penanganan Covid-19 di sekolah-sekolah kerjasamanya tidak ada perjanjian tertulis, namun pada prinsipnya tetap sama,” tegasnya.

Kendala yang dihadapi menurutnya, menentukan waktu pelatihan maupun pembinaan. “Misalkan kita mau turun di sekolah namun jadwal aktivitas belajar mengajar penuh dihari tersebut, itu kendala utamanya,” pungkas Nazri.

Lebih jauh Nazri menjelaskan, jangka waktu MoU antara Puskesmas Ranai dan sekolah selama satu tahun. “Antara kesehatan dan pendidikan tidak bisa terpisahkan,” terangnya.



Sebagai Kepala Puskesmas Ranai, Nazri berharap untuk penanganan Covid-19 ada MoU khusus antara puskesmas dengan sekolah-sekolah berdasarkan protap untuk melangkah. “Kita ingin Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan membuat MoU untuk penanganan Covid-19 di sekolah-sekolah,” tutupnya. (KP).


Laporan : Riduan/Johan



Memuat...