Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Perkenalkan Program Kampung Iklim

oleh -246 views
Saat-FGD-Virtual-Kemeterian-Lingkungan-Hidup

BANJARBARU (KP),- Program kampung iklim yang dikenal dengan sebutan ProKlim adalah salah satu program pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak setingkat RW hingga terbesar kelurahan/desa.

ProKlim merupakan suatu program untuk memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara terintegrasi dengan mempertimbangkan kearifan lokal.

Melalui program tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berkomitmen membangun dan mengembangkan ProKlim. Kominmen itu, dibuktikan dengan adanya beberapa kebijakan terkait pengembangan ProKlim seperti terciptanya Peraturan Daerah (Perda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Kemudian Perda Kalsel Nomor 7 Tahun 2018 tentang Gerakan Revolusi Hijau. Surat Edaran (SE) Gubernur Kalsel No: 660/705/VII/2019 tentang Pembentukan Kampung Iklim di Kalsel. Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalsel No : 188.4/0379/KUM/2020 tentang Tim Pembina Program Kampung Iklim di Provinsi Kalsel yang melibatkan lintas sektor.

Kebijakan pendukung lainnya sedang disusun Rancangan Pergub Perkantoran Ramah Lingkungan (Eco Office) dan segera diluncurkan program/ kegiatan pengendalian perubahan iklim daerah pada tingkat kelurahan/desa yang memadukan konsep ProKlim-Adipura-Eco Office.

Pada tahun 2019 lalu, Gubernur Kalsel menerima penghargaan Pembina ProKlim tingkat nasional. Penghargaan ini terkait komitmen gubernur dalam membina dan mengembangkan ProKlim di Kalsel yang menghasilkan 3 trophy ProKlim untuk Desa Batulicin Irigasi Tanah Bumbu, Bumi Jaya Tanah Laut dan Danda Jaya Barito Kuala. Komitmen gubernur juga menghantarkan 3 bupati sebagai penerima penghargaan pembina ProKlim yaitu Bupati Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan dan Barito Kuala.

Dalam membangun ProKlim, Pemda Kalsel melibatkan peran dunia usaha dengan cara mendorong desa binaan pelaku usaha untuk ikut ProKlim. Mensosialisasikan peran dunia usaha dalam pengendalian perubahan iklim (perencanaan/Amdal/UKL-UPL, Binwas, Proper) melibatkan pelaku usaha pada setiap acara terkait ProKlim.



Memberikan penghargaan kepada pelaku usaha yang peduli dan aktif dalam pengendalian perubahan iklim, mempromosikan produk-produk usaha binaan misalnya dalam acara Kalsel Expo maupun kesempatan lainnya, menggunakan/memakai/mengkonsumsi produk-produk usaha binaan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, ST. MT saat diminta menjadi narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Peran Dunia Usaha untuk Mendukung ProKlim dalam Rangka Implementasi Paris Agreement yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan tersebut berlangsung Jum’at 26 Juni 2020 lalu dibuka langsung oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK. (KP).


Laporan : Adam Subayu


 


Memuat...