Dinas Pariwisata Natuna Fokus Pengembangan Wisata Bahari

oleh -298 views
Kepala-Dinas-Pariwisata-Kabupaten-Natuna-Provinsi-Kepulauan-Riau-H.-Hardinansyah-SE-M.Si

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, H. Hardinansyah, SE, M.Si mengatakan wisata bahari sangat menarik untuk dikembangkan di Natuna. Selain karena menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), juga dikarenakan 99,25 persen dari 264.198,37 kilometer persegi luas Natuna adalah lautan.

Menurutnya, berbagai komoditas laut menjadi kekayaan alam Natuna dan mampu menarik kunjungan wisman. “Jadi kita fokus untuk wisata bahari, karenakan 99,25 persen adalah laut, cuma 2001, 30 kilometer persegi saja daratan. Makanya kita fokus ke wisata bahari,” kata Hardinansyah menjawab koranperbatasan.com, Selasa 22 Juli 2020.

 

Salah satu wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Senua. Disamping menjadi pulau terdepan NKRI, Senua juga merupakan satu-satunya geosite geopark di Natuna. “Jadi sebetulnya setiap tahun kita ada kalender event wisata, sudah masuk dalam kalender event provinsi. Kita ada festival wisata bahari yaitu Festival Pulau Senua sama Sail Anambas to Natuna,” ujarnya.

Kata Hardinansyah, jika tidak ada Covid-19, untuk event wisata Wonderful Sail Anambas to Natuna pada tahun ini, akan mendatangkan sebanyak 60 buah kapal yach dari berbagai negara seperti Malaysia dan Singapura. “Tapi dengan kondisi seperti ini mereka masih berada di laut. Mereka tidak bisa masuk kemana-mana, karena protokal kesehatan Covid-19,” terangnya.

Selain Pulau Senua, lanjut Hardinansyah, Natuna juga memiliki wisata bahari bernama Batu Kasah, Senubing, dan Tanjung Datuk. “Ini juga banyak diminati, baik wisatawan mancanegara maupun nusantara. Kita juga punya Pantai Sisi di Serasan dan sekarang lagi mau dikembangkan Pulau Karang Aji,” jelasnya. (KP).




Laporan : Sandi / Yani


 


Memuat...