Dinas Pertanian Natuna Sambut Baik Program Penanaman 1 Milliar Pohon Kelapa

oleh -333 views
Marwan Sjah Putra ,S.TP Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Marwan Sjah Putra ,S.TP, mengatakan pihaknya menyambut baik Program Penananam Satu Miliar Pohon Kelapa yang dicanangkan oleh Pjs Gubernur Kepri, H. Bahtiar Baharudin.

Menurut Marwan, program tersebut sangat berpotensi dan bisa dikembangkan di Natuna, sehingga akan meningkatkan ketahanan pangan bahkan dapat mengurangi pengangguran selama pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Marwan menuturkan, program ini juga dapat dijadikan sebagai satu gebrakan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat petani khususnya di Natuna. “Program ini sangat bagus, mengingat Natuna punya potensi tersebut, dan pemanfaatan kelapa juga tidak terlalu rumit,” tutur Marwan kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya Jum’at, 20 November 2020.

Yang sangat penting lanjut Marwan, adalah bagaimana membangun dan mengubah pola pikir masyarakat untuk benar-benar fokus dalam pengelolaan hasil dari kelapa tersebut. “Sebenarnya bisa. Kita harus merubah pola pikir masyarakat. Jika masyarakat kita fokus pada kelapa, maka akan meningkatkan produksi kelapa di Natuna,” lanjutnya.

Program ini, lanjut Marwan menerangkan, masih menunggu hasil rapat lanjutan bersama Pemerintah Provinsi Kepri terkait penentuan waktu, persiapan, dan kuota yang akan diberikan untuk Kabupaten Natuna.” Jadi masih belum finis. Akan dilakukan rapat bersama bapak Pjs Gubernur Kepri, sehingga kuota untuk Natuna saat in belum diketahui,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Sandi





Memuat...