Disdik Kepri: “Jadilah Anak Berprestasi Dizonannya”

oleh -235 views
Seusai-konferensi-pers-Dinas-Pendidikan-Provinsi-Kepri

KEPRI (KP),- Menjelang proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, M. Dali menghimbau dan berharap anak yang berada terdekat di zona sekolahnya, tidak perlu jauh-jauh mencari sekolah, namun dapat menjadi siswa berprestasi di zonanya. Hal ini disampaikan M. Dali saat menggelar konferensi pers di ruang kerjanya di Kantor Disdik Provinsi Kepri Dompak, Rabu, 1 Juli 2020 pagi.

“Saya ingin menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat dan anak-anak kami, sistem zonasi ini, anak-anak yang yang berada terdekat di zonanya, tidak usah jauh-jauh menyebrang ke tempat lain. Jadilah anak berprestasi di zonanya. Mendaftarlah di sekolah terdekat sebagai siswa berprestasi,” ungkap Dali.

Dali menyampaikan, jika para siswa tidak memenuhi persyaratan, ada empat jalur penerimaan siswa baru yang bisa diambil yakni jalur zonasi 50 persen,  jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi atau tidak mampu 15 persen, serta jalur pindah datang orangtua 5 persen.

“Dijalur prestasi syaratnya cukup berat, sangat kompetitip, karena harus memiliki presasi nilai akedemik 9,0 rata-rata, dan harus memiliki sertifikat. oleh sebab itu, saya menghimbau atau menyarankan kepada anak-anak kami, jadilah anak berprestasi di zonanya. Jadilah anak berprestasi yang dekat dengan sekolahnya, dengan harapan mereka inilah menjadi motivtor kepada teman-teman yang lain,” imbuh Dali.

Masih menurut Dali, sekarang ini rata-rata sekolah sudah bagus, dan sekolah sudah memiliki prestasi, namun barangkali pemahaman saja, yang melihat masih ada sekolah favorite dan sekolah unggulan. “Perlu saya sampaikan, tidak ada niat pemerintah membuat aturan, untuk menyulitkan masyarakat, hanya mungkin ketika diimplementasikan timbul permasalahan, kenapa?, karena semua jalur disediakan kuotanya. kuotanya memang kita akui masih terbatas,” terangnya. (KP).


Laporan : Ependi Abidin

Editor : Riduan





Memuat...