Diskominfo Natuna Akan Usulkan Jaringan Telkomsel Untuk Desa Mekar Jaya Tahun 2021

oleh -372 views
Raja Darmika, S.T,M.A.P Kadiskominfo Kabupaten Natuna

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Raja Darmika, S.T,M.A.P mengatakan telah mengusulkan adanya tambahan tower Telkomsel di Desa Mekar Jaya.

“Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Kominfo mengusulkan kepada Telkomsel agar di Desa Mekar Jaya ada sinyal Telkomsel,” kata Darmika menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 21 Desember 2020.

Menurut Darmika, Desa Mekar Jaya termasuk salah satu daerah yang potensial dan hingga saat ini belum memiliki jaringan yang memadai. Dengan adanya tower/sinyal Telkomsel masyarakat memiliki alternatif tersendiri dalam penggunaan jaringan.

“Kami memang berharap Telkomsel ada di semua desa. Untuk Desa Mekar Jaya itu potensial sekali. Jaringan XL sudah ada namun kurang maksimal. Contoh di sedanau ada Telkomsel, XL serta Indosat,” ujar Darmika.

Potensial itu lajut Darmika, bisa dilihat dari wisatanya. Di Desa Mekar Jaya terdapat keunikan, dimana terdapat wisata Mangrove yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

“Daerahnya unik karena ada wisata Mangrove yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Dan keunikan itulah yang menjadi salah satu dasar kenapa sinyal disana harus diperbaiki,” lanjut Darmika.

Darmika mengakui, usulan tersebut baru dilakukan secara obrolan, sehingga kapan realisasinya belum bisa dipastikan. Dan Diskominfo akan mengusulkan secara tertulis atau menyurati secara resmi pada Tahun 2021 mendatang.



“Usulan itu baru kita lakukan secara obrolan.  Untuk tahun 2021 nanti akan kita usulkan secara tertulis atau menyurati secara resmi. Kita bergerak cepat kadang-kadang secara lisan yang penting komitmen ke arah sananya memang ada,” pungkas Darmika.

Darmika juga menuturkan, Diskominfo terus berupaya menjaga hubungan dengan teman-teman operator terutama Telkomsel, karena kepeduliannya terhadap Natuna cukup baik. Banyak progres yang mereka lakukan untuk perbaikan sinyal di Natuna.

“Kita minta mereka untuk melakukan peningkatan kualitas sinyal, sehingga dari 39 Tower Telkomsel yang ada di Natuna hanya tinggal 2 tower lagi yang masih 2G atau 3G yaitu di Kecamatan Midai, selebihnya sudah 4G,” tutur Darmika

Darmika berharap Telkomsel dan operator lain bersedia membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sinyal yang sudah ada, maupun daerah-daerah yang sinyalnya kurang bagus terutama Kecamatan Midai.

“Upaya usulan dari pemerintah daerah kepada Kementrian Kominfo terkait daerah-daerah yang sinyalnya kurang baik itu juga terealisasikan,” tutup Darmika. (KP).


Laporan : Johan

Editor : Rid



Memuat...