DLH Jawa Timur Belajar Pengelolaan Sampah ke Kalsel

oleh -202 views
Kepala-Dinas-Lingkungan-Hidup-Provinsi-Kalimantan-Selatan-Hanifah-Dwi-Nirwana

BANJARMASIN (KP),- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hanifah Dwi Nirwana menjadi salah satu narasumber dalam Webinar Sharing Pengalaman tentang Pengelolaan Sampah Regional yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Rabu, 02 Desember 2020.

Pada kesempatan tersebut, Hanifah menyampaikan pengalaman pengelolaan sampah secara regional di Kalimantan Selatan, yaitu Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Regional Banjarbakula yang memfasilitasi 5 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Poin yang disampaikan mulai dari inisiatif kerjasama, peran Pemerintah Provinsi Kalsel, komitmen kerjasama kabupaten/kota Banjarbakula, hingga proses rencana pemberlakuan Tipping Fee untuk TPAS Regional Banjarbakula.

“Nama TPAS Regional Banjarbakula diambil dari singkatan lima kabupaten/kota yaitu Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Barito Kuala dan Tanah Laut,” ujar Hanifah.

“Diharapkan sharing pengalaman pengelolaan sampah regional ini bisa bermanfaat khususnya untuk kawan-kawan Provinsi Jawa Timur dalam perencanaan Pengembangan Sistem Pengelolaan Sampah Regional di Kawasan Gerbangkertosusila,” tandasnya. (KP).


Laporan : Adam Subayu





Memuat...