DPMD Natuna Adakan Kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Desa 2020

oleh -329 views
Kegiatan-Rapat-Koordinasi-Pembinaan-Desa-Tahun-2020-yang-di-adakan-oleh-DPMD-Kabupaten-Natuna

NATUNA (KP),- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Desa Tahun 2020 yang melibatkan 15 kecamatan, 70 desa dan pendamping desa se-Kabupaten Natuna.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, ST menyebutkan kegiatan tersebut wajib dilakukan setiap tahunnya. “Menjalani amanat undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang desa,” sebut Anrizal menjawab koranperbatasan.com di Aula Hotel Natuna, Selasa, 03 November 2020.

Anrizal menuturkan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu memberikan penguatan bagi kepala desa dalam upaya meningkatkan kapasitas desa menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ditengah pandemi Covid-19. “Kemudian sebagai upaya menyatukan persepsi dalam pembinaan dan pengawasan bagi terciptanya pemerintahan yang efektif, profesional dan akuntabel,” tutur Anrizal.

Lanjut Anrizal menyampaikan status desa secara umum terdiri dari 4 yaitu, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri. Oleh karena itu, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut sebagai upaya agar desa yang berada di Natuna terus berkembang bahkan mencapai kemajuan dan kemandirian. “Dengan adanya kegiatan koordinasi ini, penggunaan Dana Desa (DD) itu tepat sasaran, sehingga mereka harus mengubah indeks desa dalam membangun. Desa berkembang menjdi desa maju, berharap desa maju itu menjadi desa mandiri,” ujar Anrizal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai antisipasi dalam memutuskan mata rantai penularan Covid-19. Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu dari pihak Polres, Kejaksaan Negeri, BPKAD, Dinas Sosial, BPJS Ketenagakerjaan, DPMD serta Tenaga Ahli Profesional P3MD Kabupaten Natuna. “Kegiatan dilaksanakan satu hari ini saja dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Anrizal.

Sebagai Kadis PMD, Anrizal berharap kepada seluruh peserta yang ada agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. “Mendengar apa yang di sampaikan oleh narasumber, supaya nanti bisa menjalankan tugas ini di lapangan dengan baik,” tutup Anrizal. (KP).


Laporan : Johan/Yani





Memuat...