DPMD Natuna Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Kepala Desa Terpilih 2020

oleh -291 views
Situasi-berlangsungnya-Kegiatan-Penguatan-Kapasitas-Kepala-Desa-Terpilih-Tahun-2020-dan-Kepala-Desa-PAW

NATUNA (KP),- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Kepala Desa Terpilih Tahun 2020 dan Kepala Desa PAW.

Kabid Bina Pemdes, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Mohd.Fadhly.A., menyebutkan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 66 Pasal 5 Tahun 2017. “Bahwa kades terpilih wajib diberikan pembekalan,” sebut Fadhly menjawab koranperbatasan.com seusai kegiatan di Klinik Keuangan Desa Kabupaten Natuna, Rabu, 04 November 2020.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, lanjut Fadhly agar setiap kepala desa mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, serta dapat memenuhi 4 asas sebagai kepala desa yang baik dalam pengelolaan keuangan, diantaranya transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

Disamping itu, Fadhly menjelaskan narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut diantaranya, pihak DPMD, Kejaksaan Negeri Ranai, Kapolres Natuna, Inspektur Inspektorat, Bakesbangpolda,  TA PSD, TA PMD, TA ID, TA TTG, dan TA PED. “Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari efektif,” tutur Fadhly.

Fadhly juga menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 36 orang yang terdiri dari 33 orang kades terpilih dan 3 orang merupakan kades PAW. “Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang kades terpilih dan 3 orang kades PAW,” sebut Fadhly.

Kegiatan tersebut, lanjut Fadhly menerangkan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai antisipasi dalam memutuskan mata rantai penularan Covid-19.

Sebagai penutup, Fadhly berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini agar kepala desa dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. “Kita berharap agar kepala desa dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,” tutup Fadhly. (KP).




Laporan : Riduan/Johan



Memuat...