DPRD Tanggamus Gelar Paripurna Penyampaian Rancangan APBD-P 2020

oleh -212 views

TANGGAMUS (KP),- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2020, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanggamus, Kamis 10 September 2020.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, didampingi Wakil Ketua I Irwandi Suralaga, Wakil Ketua II Tedi Kurniawan dan Wakil Ketua III Kurnain. Turut hadir Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, jajaran Forkopimda dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya mengatakan bahwa Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus pada tahun 2020 mengalami perubahan dari semula Rp1,92 Triliun menjadi Rp 1,75 Triliun sementara belanja mengalami perubahan dari semula Rp1,92 Triliun menjadi Rp1,80 Triliun atau berkurang sebesar 117,65 Miliar.

Menurut Bupati, penurunan tersebut dikarenakan adanya efisiensi oleh Pemerintah Pusat terhadap transfer ke Pemerintah Daerah dan Dana Desa (DD), kemudian terdapat perubahan Dana  Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Non Fisik yang  merupakan sisa pelaksanaan tahun anggaran sebelumnya sesuai dengan hasil Audit BPK serta adanya Dana Insentif Daerah (DID) tambahan.

Bupati juga menerangkan, bahwa pembiayaan daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 secara total sebesar Rp50,56 Miliar dari semula negatif Rp1,8 Miliar atau meningkat sebesar Rp52,36 Miliar yang merupakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun anggaran sebelumnya, berdasarkan hasil Audit BPK.

“Berdasarkan penjelasan tersebut, maka Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus tahun 2020 dengan kondisi SiLPA berkenaan sebesar nol rupiah atau dalam kondisi anggaran berimbang antara pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah,”kata Bupati.

Lanjut Bupati menjelaskan bahwa Ranperda tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 ini, tujuannya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Tanggamus dan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan secara masif terhadap kerangka ekonomi nasional dan daerah. Perubahan kerangka ekonomi menyebabkan terjadinya perubahan program atau kegiatan pada tahun 2020 ini.



“Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat atas kebersamaan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah yang kita cintai ini. Kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini menjadi  harapan kita untuk berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dan agenda pembangunan,”pungkas bupati. (KP).


Laporan : Arzal



Memuat...