Forest Office Semakin Rindang

oleh -201 views
Lokasi-Forest-office

BANJARBARU (KP),- Pemeliharaan tanaman kembali dilakukan pada areal Forest Office. Kali ini menyasar lokasi bundaraan Jokowi, kawasan Pusat Perkantoran Pemprov Kalsel, di Jalan Abdi Praja Banjarbaru, Jumat (29/5).

Pemeliharaan yang dilakukan meliputi, pendangiran dan pruning tanaman sengon. Giat ini diikuti oleh staf Dishut Kalsel, staf UPTD BPTH dan kru Forest Office, serta kru Persemaian Permanen BPTH. Seterus itu, dilakukan kegiatan olahraga sebelum pelaksanaan pemeliharaan.

Tak terasa, tanaman sengon ditanam 3 bulan lalu telah setinggi 1 hingga 2 meter. “Tanah sudah terlihat mulai subur, ditandai dengan lajunya pertumbuhan sengon,” tutur Abdul Majid, Manajer TH2TI yang bertanggung jawab pula terhadap areal Forest Office.

Hal ini, dikatakan Majid, berkat proses tak kenal lelah para kru  dalam mengolah tanah, termasuk memupuknya. “Pendangiran dan pruning ini sendiri bertujuan agar memacu pertumbuhan tanaman,” ucapnya.

Tumbuh suburnya tanaman, turut menjadi perhatian Sekretaris Dishut, Bijuri yang memimpin kegiatan. “Dengan pemeliharaan yang maksimal, menjadikan tanaman rindang, pada akhirnya berdampak pada kesejukan udara di wilayah ini,” tuturnya.

Kegiatan pendangiran terlihat sepele memang, namun pada praktiknya memiliki multifungsi dan manfaat. Diantaranya, meningkatkan oksigen tanah, penyerapan air dan unsur hara,  serta menjaga kualitas pertumbuhan tanaman. (KP).


Laporan : Adam Sebayu



Editor : Riduan


 


Memuat...