Gelar Konferensi Pers, Bupati : “Kita akan Laksanakan Rapid Test Massal”  

oleh -198 views
Bupati-Tanggamus-Hj.-Dewi-Handayani-saat-memimpin-konferensi-pers-terkait-hasil-Rapid-Test-dan-Swab-Test

TANGGAMUS (KP),- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handayani, menggelar konferensi pers dalam rangka menyampaikan hasil Rapid Test dan Swab Test terhadap kontak erat dengan pasien kasus 01 Positif Corona Virus Desearse (Covid19) maupun ODP di Kabupaten Tanggamus. Rabu, 27 Mei 2020 di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Komplek Pemerintah Daerah (Pemda) Kantor Badan Penanganan Bencana Darurat (BPBD).

Terungkap dari seluruh rangkaian Rapid Test terhadap kontak erat pasien 01 bahwa hasilnya Non Reaktif (Negatif), demikian hasil Swab Test terhadap warga kontak erat pasien kasus 01 maupun 1 karyawan PT. Pelindo dinyatakan hasilnya negatif.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Nomor 800/58/V/POS.027/V/2020 tanggal 26 Mei 2020 dinyatakan bahwa Sampel Swab yang dikirim dari Kabupaten Tanggamus dengan rincian, dari Kecamatan Pulau Panggung sebanyak 13 sampel. Kota Agung 1 Sampel, dan seluruhnya dinyatakan negatif,” jelasnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan dari Laboratorium Kesehatan Palembang pada tanggal 21 Mei 2020. Berdasarkan pemeriksaan sampel swab dari RS Mitra Husada Pringsewu bahwa sampel yang berasal Kabupaten Tanggamus dinyatakan positif Covid-19.

“Dan oleh Gugus Tugas Covid-19 dinyatakan oleh kasus 1 atau 01. Berdasarkan kasus tersebut, GTPP Tanggamus melakukan tracking penelusuran terhadap kontak erat baik keluarga maupun orang-orang yang berhubungan langsung dengan almarhum,” bebernya.

Sambungnya, termasuk orang-orang yang mengurus jenazah pada saat pemakaman, dari hasil telusur sebagai berikut :

  1. Terdapat kontak yang dilakukan rapid test sebanyak 25 orang dan semua hasilnya Non Reaktif / Negatif.
  2. Terhadap kontak erat yang mengurus jenazah dan juga kontak erat lainnya dilakukan pemeriksaan swab dengan metode PCR pada tanggal 22 – 23 Mei 2020 dan langsung dikirimkan ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung pada tanggal 23 Mei 2020.
  3. Pada tanggal 22 – 23 Mei 2020, tim Gugus Tugas mengambil sampel Swab terhadap pegawai PT. Pelindo Pelabuhan Kapal Teluk Semaka Kota Agung, dan pada tanggal 23 Mei 2020 dikirim ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung.

Tak hanya itu, Bupati bersama Tim GTPP Tanggamus akan melaksanakan Rapid Test Massal. “Kita akan melaksanakan Rapid Test Massal di Pasar Kotaagung dan Talang Padang,” imbuhnya.



Bupati berharap, agar kita semua berkomitmen dan mengajak masyarakat ikuti protokol kesehatan pemerintah. “Kita semua selalu untuk mengajak masyarakat agar menjadikan ini gerakan betul – betul dilaksanakan secara disiplin oleh masyarakat, karna kesadaran untuk menerapkan pola kesehatan prncegahan Covid-19 ini, tidak bisa dilakukan hanya perorang ataupun perkelompok saja, tetapi ini jadikan gerakan Massal agar Pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkasnya.

Pelaksanaan tersebut dihadiri, oleh H Am Syafi’i Wakil Bupati Tanggamus, Forkopimda serta beberapa Kepala OPD, dan Jurnalis. (KP).


Laporan : Arzal


 


Memuat...