Geosite Pulau Akar Hadirkan Keindahan Ufuk Barat Merah Merona

oleh -502 views
Papan plang bertuliskan Kawasan Situs Geosite Pulau Akar merupakan kontribusi dari SKK Migas terhadap pengembangan Wisata Pulau Akar

NATUNA (KP),- Kepala Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Fiter Hadison menyebutkan objek Wisata Pulau Akar merupakan sebuah pulau kecil dengan luas 250 meter persegi.

Menurutnya, dinamakan Pulau Akar karena banyaknya akar pepohonan yang tumbuh kerdil diantara celah-celah bebatuan pulau. “ Yang jelas di situ banyak akar,” kata Fiter menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Kamis, 13 Agustus 2020.

Kepala Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Fiter Hadison

Daya tarik dari Pulau Akar terdapat bebatuan yang berusia 145 juta tahun. Kemudian uniknya Pulau Akar letaknya tidak jauh dari daratan. Jaraknya dari pesisir pantai kira-kira 100 meter saja. Pengunjung tidak perlu menggunakan perahu karena dapat menyebrang melalui jembatan kayu yang menghubungkan pulau ini dari daratan. “Kami bangun jembatan dengan anggaran Dana Desa pada tahun 2016,” jelas Fiter.

Pengunjung dapat menikmati keindahan pulau dan luasnya laut Natuna. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana terbenamnya matahari. Memandang ke arah daratan menyaksikan keindahan ufuk barat yang merah merona sambil duduk santai di gazebo yang tersedia. “ Pembuatan gazebo pada tempat wisata itu tahun 2018 lalu,” ujar Fiter.

Gerbang pintu masuk Objek Wisata Pulau Akar

Pulau Akar masih di buka dengan tidak memungut biaya apapun. Namun ke depan rencananya akan di bentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengelola wisata. “Masuk dalam katagori geopark itu pada tahun 2019,” pungkas Fiter.

Setiap hari selalu ada pengunjung yang datang untuk berpoto-poto. Paling ramai pengunjung pada hari lebaran bisa mencapai puluhan orang. “Rencananya akan di buka kantin untuk jualan air maupun makanan dan diberi lampu penerang,” terang Fiter.

Fiter memastikan, dipersimpangan tiga daratan menuju Pulau Akar terdapat rambu-rambu. Kemudian pada kawasan objek wisata itu, terdapat pula papan plang bertuliskan Kawasan Situs Geosite Pulau Akar merupakan kontribusi dari SKK Migas terhadap pengembangan Wisata Pulau Akar.



Kawasan Situs Geosite Wisata Pulau Akar

Sebagai Kades, Fiter berharap Pulau Akar menjadi objek wisata yang disenangi pengunjung di Natuna umumnya dan khususnya untuk Kecamatan Bunguran Selatan. (KP).


Laporan : Suryanti


 


Memuat...