Peningkatan SDM Sektor Peternakan dan Pertanian di Natuna Masuk Kategori Penting

oleh -240 views
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra S.TP

NATUNA (KP) – Asisten Perekonomian dan Pembangunan melalui Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Marwan Sjah Putra S.TP mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) disektor peternakan dan pertanian sangat perlu dilakukan.

Kata Marwan, bidang peternakan dan pertanian memerlukan SDM dari sisi tenaga ahli. “Iya, memang untuk peningkatan SDM dibidang peternakan kami sangat membutuhkan sekali tenaga yang berketrampilan pada peternakan, misalnya penyuntikan Insemenisasi Buatan (IB) pada sapi,” sebutnya menjwab koranperbatasan.com, Jumat, 05 Maret 2021.

Menurut Marwan, peningkat SDM tersebut diperlukan karena potensi sapi di Natuna sangat besar, sementara tenaga ahli yang mempunyai keterampilan khusus dibidang peternakan belum ada. “Kita sangat perlukan itu. Memang ada sebagian tim penyuluh kita yang bisa, tetapi hanya dari otodidak saja, untuk tenaga ahlinya belum ada,” ujarnya.

Marwan menjelaskan, dibidang pertanian para petani Natuna melalui tim penyuluh dinas pertanian siap dan bersedia meningkatkan keterampilan petani dalam bercocok tanam. ”Nah kami juga ada tim penyuluh yang bergerak dilapangan membantu para petani seperti, bagaimana cara perawatannya, obatnya, dan pupuknya. Jadi memang tim penyuluh ini adalah ujung tombak bagi kami,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Marwan, tim penyuluh yang ada juga perlu dilakukan peningkatan SDM agar pemahaman-pemahaman yang diberikan kepada para petani tersampaikan dan bermanfaat.

“Kemungkinan untuk tahun 2021 karena keterbatasan anggaran ini kegiatan-kegiatan seperti pelatihan-pelatihan tersebut berkurang, akan tetapi dengan keterbatasan itu tak menyurutkan semangat, kita tetap berusaha membantu para petani membawa senyum di wajah petani kita,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Marwan berharap dukungan dan kerjasama dari pihak stakeholder lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan para petani dan peternak di Natuna. “Saya berharap sekali dengan dukungan dan kerjasamanya dari pihak lain,” tutupnya. (KP).




Laporan : Sandi Kurniawan