Tinjau Jalan Terputus Akibat Hujan, Plh Bupati Oku Himbau Semua Unsur Membantu

oleh -233 views

BATURAJA (KP) – Pelasana harian (Plh) Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H. Edward Candra, MH, meninjau jalan yang terputus akibat intensitas hujan mengakibatkan pergeseran tanah di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa, 25 Mei 2021.

Putusnya jalan poros penghubung Baturaja dan Muara Dua di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap itu terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi pada beberapa hari lalu. Selaian menyebabkan pergeseran tanah juga mengakibatkan jalan amblas.

Amblasnya jalan tersebut lebih kurang sepanjang 400 meter, sehingga jalan provinsi dari dan menuju Baturaja-Muara Dua dan sekitarnya itu tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, sedangkan untuk kendaraan roda dua sementara ini sudah dialihkan ke jalan alternatif yang berada di lokasi tanah Omiba. Jalan alternatif bagi masyarakat, diarahkan ke lahan Omiba melewati perkebunan dan tembus kepemukiman.

Terkait putusnya jalan ini, Pemerintah Kabupaten OKU akan mengambil langkah-langkah secepatnya agar jalan tersebut kembali berfungsi dan bisa dilewati oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Plh Bupati OKU, H. Edward Candra menerangkan peninjauan yang dilakukan guna mengetahui secara langsung kondisi jalan tersebut. Setelah melihat langsung di lapangan, H. Edwar Candra mengakui memang kondisi jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat namun untuk kendaraan roda dua sudah dialihkan ke jalan alternatif.

“Sembari menunggu jalan diperbaiki kembali, ada jalan alternatif menuju ke desa tapi perjalanannya cukup jauh karena jalannya memutar serta kondisi jalan yang agak licin sehingga masyarakat harus berhati-hati jika melewatinya,” ujarnya.

Terkait yang terjadi, H. Edward Candra melaporkan ke Gubernur Sumsel dan berkoordinasi dengan PUPR Provinsi Sumsel juga pihak-pihak terkait lainnya termasuk Puslatpur untuk pengajuan izin melalui lahan Omiba pembukaan jalan alternatif di perkebunan warga.



“Diharapkan jalur transportasi kembali lancar sambil menunggu perbaikan jalan yang amblas,” tuturnya.

Edward Candra, berharap para Muspika, Camat, Danramil dan Kapolsek serta Kepala Desa juga BPD dapat bersinergi berkoordinasi dengan semua pihak sehingga dapat memberikan izin terkait lahan pertaniannya yang dikelola oleh masyarakat untuk membantu kelancaran akibat dari pembuatan jalan alternantif tersebut.

“Kepada masyarakat saya berpesan agar terus siaga dan tetap waspada dalam kondisi situasi cuaca, angin kencang, hujan dan petir yang selalu datang tanpa diduga,” tuturnya.

Selanjutnya Plh Bupati dan rombongan bertolak ke Desa Bandar Jaya, Kecamatan Lengkiti, untuk bersilaturahmi bersama kelompok tani dan panen jagung. Turut hadir saat itu, Kepala OPD terkait, Muspika Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Lengkiti, Kades Kungkilan, Kodim 0403 OKU, Satlantas Polres OKU dan masyarakat sekitar. (KP).


Laporan : Syahril