Bupati Anambas Resmikan Desa Batu Belah Sebagai Kampung Bahari Nusantara

oleh -124 views
Abdul Haris, SH, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Abdul Haris, SH bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, SE, M. Tr. Opsla meresmikan Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur sebagai Kampung Baharai Nusantara (KBN), Jum’at, 15 Oktober 2021.

KBN merupakan program kerja TNI AL yang pelaksanaannya masuk dalam pengawasan Dinas  Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) melalui Staf Potensi Maritim Lanal Tarempa dalam Bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) melalui Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar di setiap desa pesisir wilayah kerja Lanal Tarempa.

Dengan melakukan prosesi pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti Gapura Pelabuhan Desa Batu Belah yang dilaksanakan oleh Bupati Anambas dan Danlanal Tarempa ketika itu menandakan bahwa desa tersebut telah sah menyandang sebagai KBN di Anambas.

Bupati Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Lanal Tarempa yang telah bersinergi membangun daerah di wilayah kerjanya.

“Dengan ini mari kita sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI AL khususnya Lanal Tarempa yang telah menjalani program dalam membangun KBN di beberapa desa se-Kepulauan Anambas. Fungsi KBN meliputi bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan,” kata Abdul Haris.



Selain meresmikan Desa Batu Belah sebagai KBN di Anambas, Abdul Haris juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat desa untuk tetap menjaga kelestarian wisata yang ada di desa tersebut.

“Selain telah menyandang sebagai Desa KBN, di Batu Belah ini mempunyai keindahan alam serta sejarah tersendiri, ini merupakan objek wisata yang tidak kalah indahnya, saya berharap agar masyarakat dapat menjaga potensi ini dengan baik,” ucap Haris.

Lebih jauh Abdul Haris juga sempat menyampaikan tentang rencana membangun KBN lainya di beberapa desa yang berada di Anambas.

“Pemerintah Anambas akan selalu mendukung dan bekerjasama dengan TNI AL, untuk membangun KBN lain di daerah kita ini,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra