Sekda Natuna Temui Kementerian dan Lembaga Terkait Bahas Kebutuhan Telekomunikasi

oleh -68 views
Sekda Natuna, Boy Wijarnarko didampingi Plt. Kadiskominfo Kabupaten Natuna, Ikhawan Solihin dan Camat Pulau Laut, Bambang Erawan menyambangi sejumlah Kementerian terkait dan lembaga di Jakarta.

NATUNA – Pemerataan dan peningkatan kapasitas telekomunikasi di Natuna menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Natuna dalam pembangunan tahun ini. Sektor ini dipandang prioritas karena akses internet merupakan satu hal yang memiliki mulitiplayer efek dalam memacu jalannya pembangunan.

Untuk mewujudkan pemerataan akses jaringan internet ini, Pemerintah Kabupaten Natuna telah mengambil sejumlah langkah, salah satunya adalah langkah kordinasi yang dilakukan dengan pemerintah pusat dan provider telekomunikasi yang beroperasi di Natuna.

Kali ini, Sekda Natuna, Boy Wijarnarko didampingi Plt. Kadiskominfo Kabupaten Natuna, Ikhawan Solihin dan Camat Pulau Laut, Bambang Erawan menyambangi sejumlah Kementerian terkait dan lembaga di Jakarta.

“Kemarin kami di Kemenko Polhukam, Kemenkominfo dan BAKTI Kominfo audienasi urusan pemerataan dan peningkatan kapastitas internet,” kata Sekda Boy di Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Kata Boy audiansi ini dilaksanakan guna menindaklanjuti hasil rapat koordinasi Kemenko Polhukam melalui Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika yang dilaksanakan di Kabupaten Natuna pada tanggal 1 November 2023 di Kantor Bupati Natuna lalu.

Pada kesempatan itu, Sekda Boy dan rombongan secara khusus menyampaikan aspirasi dan rekomendasi terkait kondisi pembangunan dan kebutuhan layanan akses intertnet di Kabupaten Natuna.

Boy menuturkan, pada saat itu pihaknya secara spesifik menyampaikan dua rekomendasi yang menjadi prioritas Natuna terkait pemerataan pembangunan akses internet, yakni ketersediaan akses internet di Kecamatan Midai dan Kecamatan Pulau Laut yang sampai saat ini sulit akses internetnya.



Sekda Natuna, Boy Wijarnarko didampingi Plt. Kadiskominfo Kabupaten Natuna, Ikhawan Solihin dan Camat Pulau Laut, Bambang Erawan menyambangi sejumlah Kementerian terkait dan lembaga di Jakarta.

Menurut Boy, peningkatan serta pembangunan jaringan dan pemerataan akses telekomunikasi di seluruh wilayah Kabupaten Natuna sangat penting, karena Natuna adalah pulau terdepan dan terluar yang terdiri dari pulau-pulau dipisahkan oleh laut.

“Urgensi keberadaan internet di Natuna sangat tinggi karena selain untuk kelancaran komunikasi dan distribusi informasi, internet juga berperan penting dalam upaya pembangunan kemakmuran, pendidikan, kesehatan, perdagangan hingga upaya-upaya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI,” papar Sekda Boy.

Selain itu, Boy juga mengemukakan, dalam jangka pendek Natuna sangat memerlukan wujud jaringan telekomunikasi yang merata, lancar dan cepat. Keperluan jangka pendek ini berkaitan dengan gawe nasional yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Maka besar harapan kami peningkatan layanan akses internet pada dua kecamatan ini dapat sesegera mungkin diwujudkan agar internet dapat diakses di seluruh wilayah,” harapnya.

Sementera Plt. Kadis Kominfo, Ikhwan solihin yang turut mendampingi Sekda Natuna menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi rekomendasi dalam audiensi tersebut diantaranya :

  1. Meminta dukungan kepada BAKTI untuk memberikan bantuan akses internet dalam menyukseskan agenda pemilu mendatang.
  2. Peningkatan Akses internet di tiga wilayah Pulat Laut, Desa Air Payang, Desa Kadur, dan Desa Tanjung Pala.
  3. Peningkatan Kapasitas Bandwitch di Pulau Midai dan Pulau Laut
  4. Menyampaikan usulan akses internet dibeberapa layanan umum
  5. Melakukan koordinasi lebih lanjut terkait ekspansi terhadap jalur jalur yang belum dilalui oleh palapa ring.

Camat Pulau Laut, Bambang Erwan juga turut menyampaikan paparan terkait kondisi jaringan telekomunikasi di wilayah kecamatannya.

“Di tempat kami terdapat 3 titik lokasi BTS USO Bakti yang belum dapat memberikan layanan optimal kepada masyarakat. Ketiga titik itu berada di Desa Air Payang, Desa Kadur dan Desa Tanjung Pala. Diwilayah ini jaringan telekomunikasi sering gangguan dan tidak terjangkau secara merata,” papar Camat Bambang.

Sementara Kemenko Polhukam RI, Kemen Kominfo RI, BAKTI Kominfo mengapresiasi usaha pemerintah daerah Kabupaten Natuna dalam peningkatan layanan akses internet di perbatasan itu .

Mereka berjanji, seluruh rekomendasi yang disampaikan akan ditindak lanjuti dengan memberikan mandat kepada pihak terkait untuk memaksimalkan penguatan layanan akses telekomunikasi dan internet di Kabupaten Natuna. (KP).


Laporan : Dhitto

Kontributor : Diskominfo Natuna