Gubernur Lampung Serap Aspirasi Masyarakat Tanggamus Melalui Musrenbang

oleh -393 views
Gubernur-Lampung-Arinal-Djunaidi-didampingi-Bupati-Tanggamus-Hj-Dewi-Handajani

TANGGAMUS (KP),- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musyawarah Perencanaan  Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 di Aula Islamic Center Kota Agung, Selasa (10/3/20).

Hadir bersama Gubernur, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Bina Marga dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Lampung. Gubernur dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani bersama Wabup Hi. AM Syafii, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kajari David P Duarsa, Ketua PN Kota Agung Ratriningtyas, Ketua PA Hi. Asrori, para Kepala OPD dan  Camat se-Kabupaten Tanggamus.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPD RI Bustami Zainudin, para Akademisi, Pimpinan BUMD dan swasta serta Tokoh Masyarakat di Kabupaten Tanggamus. Gubernur Arinal, dalam sambutannya mengatakan, kehadirannya dalam kegiatan Musrenbang Tanggamus adalah untuk mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat Tanggamus.

“Kata panitia acara, sepanjang Tanggamus berdiri, baru kali ini dibuka langsung Gubernur. Saya datang kesini untuk mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat. Terlebih ibu Bupati sangat aktif kalau ada kegiatan Pemprov Lampung selalu hadir, maka dari itu begitu diundang saya juga harus hadir,“ ujar Arinal.

Gubernur melanjutkan, Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang mendapat kucuran APBD Provinsi tertinggi. “Tanggamus mendapat kucuran dana dari Provinsi sebesar Rp33 Miliar, Way Kanan daerah saya saja kalah. Ini karena Tanggamus merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam RPJMN, sebagai salah satu kawasan industri diluar Pulau Jawa, sehingga Pemprov harus mensupport,” jelasnya.



Selanjutnya terkait Kawasan Industri Tanggamus (KIT), Gubernur berjanji akan mengupayakan agar Presiden dan Ketua DPR RI dapat meninjau dan melihat secara langsung lokasi KIM yang berada di Tanggamus. “Rencananya pada Juni mendatang, kita akan undang Presiden untuk meresmikan Penangkaran Badak, sekaligus meninjau area KIM di Tanggamus,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Gubernur menghimbau terkait merebaknya Virus Corona. Ia menghimbau agar masyarakat Kabupaten Tanggamus tidak khawatir. Kemudian menyikapi masih adanya jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Gubernur menjelaskan bahwa pihaknya akan membangun jalan sesuai dengan permohonan Bupati dan Dinas Bina Marga dan Bappeda.

“Saya akan bangun jalan provinsi berdasarkan permohonan Bupati dan pertimbangan Bina Marga serta Bappeda, agar sinergi dan ada koneksitas dalam pembangunan,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, Forum Musrenbang mempunyai nilai strategis, karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan membahas rencana awal RKPD tahun 2021 yang dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran Provinsi Lampung dan Nasional.

Kebutuhan serta aspirasi masyarakat berdasarkan kondisi riil, kemampuan dan karakterisitik daerah sesuai tema pembangunan tahun 2021 yaitu “Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan dan pelayanan publik untuk pertumbuhan berkualitas.”

Bupati menjelaskan, terkait dengan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2021, Kabupaten Tanggamus telah menginventarisir beberapa isu strategis pembangunan tahun 2021 diantaranya Kawasan Industri Tanggamus (KIT) menjadi salah satu kawasan industri yang dikembangkan berdasarkan Perpres Nomor 18 tahun 2020.

“Oleh karena itu kami akan terus berupaya meningkatkan koordinasi dan menjalin kerjasama yang intensif dengan pusat, Pemprov Lampung dan dunia usaha, sehingga proyek strategis nasional KIT dapat segera terwujud, “ujar bupati.

Sebelumnya Kepala Bappelitbang Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, dalam laporannya mengatakan, Musrenbang bertujuan untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang Pekon, Musrenbang Kecamatan dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2021 yang  bersinergi dengan KUA dan Prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional.

“Adapun asaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat,“ pungkas Hendra. (KP).


Laporan : Arzal



Memuat...