Sepanjang April Sampai Mei 2021 BKKBN dan Dinas P3AP2KB Akan Sasar 22.937 Kelurga di Natuna

oleh -192 views

NATUNA (KP) – Sebanyak 22.937 keluarga di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau menjadi sasaran program lima tahunan pendataan keluarga yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mulai 1 April – 31 Mei 2021.

Dinas P3AP2KB, melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Fachri Husain, mengatakan bahwa pendataan keluarga ini melibatkan kader yang antara lain  meliputi tim manager pengelolaan, manager data, supervisor, dan kader pendata.

“Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas melakukan proses pendataan tersebut totalnya sebanyak 207 orang,” terang Fachri, kepada koranperbatasan.com, Selasa, 13 April 2021.

Menurut Fachri, pendataan keluarga merupakan bagian dari program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). Pemerintah Daerah,  berkewajiban untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data serta informasi mengenai kependudukan dan keluarga setiap lima tahun sekali.

Kata Fachri, data-data tersebut akan menjadi dasar pemerintah dalam merancang program pembangunan. Dalam pendataan keluarga tersebut petugas antara lain akan mengumpulkan data mengenai kondisi keluarga termasuk data antropometri, dan status gizi.



“Serta indikator pembangunan keluarga memuat karakteristik keluarga dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi keluarga,” jelasnya.

Dalam hal ini, Fachri menghimbau kepada seluruh warganya untuk bekerjasama menyukseskan program pendataan keluarga dengan menyampaikan data secara akurat dan lengkap. (KP).


Laporan : Boy Iqbal