Tidak Kembali, Satu Orang Deteni Kantor Imigrasi Ranai Asal Vietnam Akhirnya Dicari

oleh -694 views

NATUNA (KP) – Satu orang asing penghuni rumah detensi imigrasi atau ruang detensi imigrasi yang telah mendapatkan keputusan pendetensian dari pejabat imigrasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai asal Negara Vietnam tidak pulang dua hari.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasubsi Intelijen Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai, Muhammad Irman, SE kepada koranperbatasan.com di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Ranai, Rabu 02 Juni 2021.

“Iya benar, jadi gini hari Senin pukul 17.00 kami lakukan pengecekan, setelah kami lakukan pengecekan kurang satu orang jadi sebelumnya kami pikir mungkin terlambat kami tunggu sampai pukul 19.00 masih belum pulang jadi kami mulai lakukan pencarian,” terang Irman.

Menurut Irman sudah dilakukan pencarian pada tempat-tempat dimana para deteni tersebut sering berkumpul.

“Jadi kami sudah lakukan pencarian di tempat ia sering berkumpul bersama temannya seperti di warung-warung kopi kemudian kami juga cari di Kejaksaan dan Lanal tetapi tetap tidak ditemukan,” ujar Irman.

Karena tidak ditemukan juga kemudian Irman melanjutkan untuk dilaporkan ke pimpinannya guna ditindaklanjuti lebih lanjut.

“Karena sudah 1×24 jam tidak ditemukan maka kami laporkan ke Polres dan semalam sudah kami laporkan,” ungkapnya.



Upaya pencarian tidak hanya berhenti sampai disitu, pihak Imigrasi Ranai mengaku tetap terus melakukan pencarian dibeberapa titik yang dapat menjadi tempat pelarian seperti di Pelabuhan Selat Lampa.

“Tadi kami juga melakukan pencarian di Selat Lampa kemudian di Teluk Buton, dan Pengadah kami koordinasikan dengan masyarakat termasuk dengan para Kepala Desa setempat,” imbuhnya.

Irman menegaskan jika ada terjadi sesuatu hal yang dilakukan oleh deteni dari Imigrasi tersebut bisa dikoordinasikan dengan pihaknya langsung.

“Kalau memang ada terjadi sesuatu hal yang dilakukan oleh deteni kami ini diluar, kepada masyarakat khususnya bisa koordinasikan kepada kami,” pungkasnya.

Irman meminta kepada siapapun yang melihat atau mendapat informasi mengenai deteni asal Vietnam tersebut bisa segera menghubungi pihak Imigrasi.

“Bagi masyarakat yang melihat deteni asal Vietnam tersebut mohon untuk menghubungi kami melalui kontak telepon 082171306066 (Yono), dan atau menghubungi Bagian Humas Imigrasi Ranai 081276194447,” harapnya. (KP).


Laporan : Sandi – Hamzah