Diskominfo Natuna Siapkan Website Layanan Aspirasi Pengaduan Online Masyarakat

oleh -285 views
Trisnan Saputra, SP, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

NATUNA – Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Trisnan Saputra, SP menyebutkan masyarakat bisa menyampaikan semua pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Menurut Trisnan, selama ini besar kemungkinan masyarakat khususnya di Natuna belum mengetahui SP4N LAPOR. Hal ini dilihat dari minimnya laporan yang masuk di SP4N LAPOR.

“Tingkat laporan sangat minim untuk Natuna, pada tahun 2020 lalu kita hanya menerima delapan laporan saja,” terangnya kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Rabu, 30 Juni 2021.

Trisnan menjelaskan, SP4N LAPOR berlaku untuk seluruh Indonesia. Dimana laporan yang disampaikan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh instansi pemerintahan yang berwenang.

“Misalnya, masyarakat mau melapor ada jembatan putus, jalan berlubang, bantuan tidak tepat sasaran, atau meminta informasi seputar pembangunan Natuna, itu bisa disampaikan melalui via website natuna.lapor.go.id nanti ada pilihannya baik itu isi laporan, tanggal dan tempat kejadian, serta instansi tujuan,” terangnya.

Kata Trisnan, setiap tahun Diskominfo dikonfirmasi oleh Ombudsman. Apakah laporan-laporan dari masyarakat itu ditindaklanjuti atau tidak.

“Jadi setiap tahun itu pasti ada pengecekan oleh Ombudsman, untuk delapan laporan tahun 2020 yang lalu, rata-rata sudah selesai ditindaklanjuti,” tuturnya.



Trisnan berharap ke depan, SP4N LAPOR ini bisa digunakan khususnya oleh masyarakat Natuna.

“Kita akan terus mensosialisaikan SP4N LAPOR ini, baik itu melalui sosial media maupun Pemerintah Kabupaten Natuna,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan