Ini Syarat Mengurus KK Sendiri Meski Belum Menikah

oleh -357 views
H. Ilham Kauli, S.Sos, M.Si, Kadisdukcapil Natuna

NATUNA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, H. Ilham Kauli, S.Sos, M.Si memastikan seseorang yang belum memiliki status hubungan atau belum pernah menikah (lajang) boleh membuat Kartu Keluarga (KK) tersendiri.

Namun, untuk menerbitkan itu seseorang harus memiliki alasan yang dapat di terima dan sudah berusia di atas tujuh belas tahun. Sebagai contoh, ketika memiliki dua buah rumah berbeda domisili, si anak ingin pisah KK dengan orang tua untuk menempati salah satu rumahnya.

“Jika dibawah tujuh belas tahun belum bisa, istilahnya anak bawah umur,” ungkap Ilham Kauli menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 15 November 2021.

Loket pelayanan pengurusan administrasi kependudukan Disduk Capil Kabupaten Natuna.

Ilham Kauli menjelaskan, sama halnya ketika orang tua berpisah, maka anak yang berusia diatas tujuh belas tahun berhak menentukan ikut siapa. Hal tersebut dikarenakan seseorang sudah berusia diatas tujuh belas tahun memiliki tanggungjawab secara pribadi.

“Namun jika masih dibawah tujuh belas tahun, terdapat undang-undang perlindungan anak, diarahkan untuk memilih salah satu. Biasanya anak dibawah umur itu, sesuai undang-undang dibawah pengendalian atau pengawasan orang tuanya,” terangnya.

Untuk persyaratan pisah KK lanjut Ilham Kauli, cukup membawa poto copy atau KK asli yang lama, kemudian mengetahui alamat baru baik itu RT, RW, kelurahan, atau desa.

“KTP juga di bawa, nanti jika alamat berubah otomatis di KTP juga berubah, namun jika masih satu alamat, KTP  tidak berubah,” paparnya. (KP).




Laporan : Johan