Indonesia Penyumbang Bioderversitas Laut Terbesar di Dunia “Keanekaragaman Hayati Laut di Indonesia”

oleh -256 views
Oktalistiana-Mahasiswa-Jurusan-Ilmu-Kelautan-Fakultas-Ilmu-Kelautan-dan-Perikanan-Universitas-Maritim-Raja-Ali-Haji

Kalian sudah tau belum? Indonesia merupakan penyumbang bioderversitas terbesar di dunia loh. Menurut data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tanah Indonesia merupakan negara dengan kekayaan biodeversitas terrestrial tertinggi kedua di dunia. Jika digabungkan dengan keanekaragaman hayati di laut, maka Indonesia menjadi yang pertama. Ngomong-ngomong nih, tau ga sih biodeversitas itu apa?

Biodeversitas atau keanekaragaman biologi (hayati) merupakan jumlah dari semua jenis binatang, tumbuhan, jamur, bakteri dan organisme yang hidup diatas bumi dengan variasi habitat di mana mereka tinggal. Karena sudah tau biodeversitas sekarang kita lebih luaskan membahas tentang biodeversitas laut di Indonesia.

Indonesia memiliki kekayaan itu, disebabkan letak Indonesia di segitiga terumbu karang. Nah, dari terumbu karang (coral reef) ini lah Indonesia merupakan penyumbang paling besar untuk biodeversitas laut dunia. Tidak hanya itu, selain terumbu karang kekayayaan yang ada di laut masih banyak tentunya. Terdapat padang lamun (seagrass), mangrove, rumput laut (seaweed) dan masih banyak lagi kekayaan laut kita punya yang tidak terhitung nilainya.

Dasar laut indonesia sangat kompleks dan tidak ada negara lain yang mempunyai topografi dasar laut begitu beragam seperti Indonesia. Hampir segala bentuk topografi dasar laut dapat di jumpai, seperti paparan dangkal, terumbu karang, lereng curam maupun landai, gunung api bawah laut, palung laut dalam, basin atau pasung yang terkurung dan lain sebagiannya. Karakteristik ini menjadikan lautan Indonesia merupakan wilayah Marine Mega-Biodeversity terbesar di dunia. Sumber artikel yang saya buat diambil di beberapa referensi artikel. (KP).


Penulis : Oktalistiana

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji





Memuat...