Teka Teki Realisasi Pembangunan ODF di Pekon Sinar Saudara Wonosobo

oleh -102 views

TANGGAMUS (KP) – Pembangunan rehabilitasi peningkatan sanitasi permukiman warga (WC) di Pekon Sinar Saudara Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung tidak sepenuhnya terealisasi oleh pemerintah pekon setempat.

Pasalnya, dari hasil investigasi pembangunan rehabilitasi peningkatan sanitasi permukiman warga tersebut tidak sesuai dengan yang dianggarkan oleh Pemerintah Pekon Sinar Saudara.

Berdasarkan hasil penelusuran dilapangan, di Dusun 1 sebanyak 51 titik pembangunan, Dusun 2 terdapat 13 titik, Dusun 3 hanya 20 titik dan Dusun 4 hanya 22 titik, sehingga total pembangunan jambanisasi warga berjumlah 106 titik.

Terkait pembangunan ini, Kepala Dusun 3 yang mengaku bernama Ovi mengatakan pembangunan jambanisasi di dusunnya hanya ada 13 titik. “Jumlah penerima Bantuan ODF/Jambanisasi hanya berjumlah 13 penerima,” ujar Ovi, Kamis 18 Februari 2021.

Kadus 3 pun demikian, diakuinya di Dusun 3 hanya terdapat 20 titik jambanisasi untuk warga yang dibangun diwilayahnya. “Jumlah penerima bantuan ODF sebanyak 20 penerima saja di Dusun 3,” beber Dita selaku Kadus 3, Sabtu 20 Februari 2021.

Selain Kadus 2 dan 3, Kadus 4 , Asep juga ikut memberikan informasi diwilayahnya hanya terdapat pembangunan jambanisasi warga sebanyak 22 titik. “Kalau gak salah di Dusun 4 hanya 22 Mas,” jelas Asep saat dihubungi melalui telephon, Sabtu 20 Februari 2021.

Sementara itu, Kadus 1, Sahid saat menghubungi awak media juga menyampaikan hal serupa yakni jumlah ODF atau jambanisasi di Dusun 1 sebanyak 51 titik. “ODF Dusun 1 seingat saya 51 Bang, data lengkap semua ada di Balai Desa Bang,” beber Sahid, Minggu 21 Februari 2021.



Sejalan dengan pembangunan itu, Sekretaris Pekon Sinar Saudara, Samsudin saat diminta keterangan di kantornya menyampaikan pembangunan jambanisasi warga sebanyak 125 titik. “Ya, kami menganggarkan pembangunan jambanisasi sebanyak 123 terus ada penambahan 2, jadi totalnya 125 titik,” ujar Samsudin, Senin 22 Februari 2021.

Menurut Samsudin pihaknya memberikan bantuan pembangunan WC kepada warga dari Dana Desa hingga selesai atau warga terima beres. “Jadi kami memberikan bantuan ODF pada warga langsung dibangunkan, warga terima jadi,” terangnya.

Dalam hal ini, terdapat 19 titik yang tidak dibangunkan oleh pemerintah pekon, sebab, keterangan keempat kepala dusun terdapat sebanyak 106 titik, sedangkan pemerintah pekon telah menganggarkan sebanyak 125 titik pembangunan WC.

Diketahui untuk pembangunan rehabilitasi peningkatan sanitasi permukiman atau ODF (WC) di Pekon Sinar Saudara dianggarkan dari Dana Desa dengan nominal yang sangat fantastis yaitu sebesar Rp 352,170,500.

Sampai berita ini diterbitkan, Pj Kakon Sinar Saudara belum berhasil ditemui untuk diminta keterangan lebih lanjut, meski awak media sudah berupaya mendatangi kantornya. (KP).


Laporan : Arzal


 


Memuat...