Pemprov Kepri Telah Anggarkan Realisasi Pembangunan Dua Pelabuhan di Natuna

oleh -285 views
Hadi Candra, S.Sos, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau

NATUNA – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Hadi Candra mengatakan pembangunan Pelabuhan Samudra dan Pelabuhan Roro harus mempertimbangkan kondisi iklim yang terjadi sepanjang tahun di Kabupaten Natuna.

“Pelabuhan yang mau di bangun harus dapat beroperasi sepanjang tahun, jangan pas musim utara atau barat terhenti,” ucapnya kepada awak media di Kedai Kopi Ayong, Ranai, Kabupaten Natuna, Senin 01 November 2021.

Menurut Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Dapil Natuna-Anambas itu, pertimbangan iklim faktor pengembangan wilayah dan efektifitas serta efisiensi juga harus menjadi prioritas dalam menentukan lokasi untuk dijadikan tempat pembangunan pelabuhan di Natuna.

“Lokasi Pelabuhan Samudra di Desa Teluk Buton dan Pelabuhan Roro di Kecamatan Midai terletak di sebelah selatan, itu sudah tepat. Kalau masih mau di bangun di Teluk Depih, saya nilai tidak tepat,” terangnya.

Hadi Candra, S.Sos, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau dan awak media di Kedai Kopi Ayong, Ranai Kabupaten Natuna.

Untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Roro di Kecamatan Midai, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Natuna ini mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah menganggarkan Rp 600 juta untuk Detail Engineering Design (DED) dalam APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021. Kemudian untuk Pelabuhan Samudra di Desa Telok Buton sekitar Rp 1 miliar untuk Feasibility Study (FS).

“Khusus Pelabuhan Samudra FS lah yang nanti akan menentukan layak tidaknya secara sosial atau ekonomis di bangun sebuah pelabuhan, dilihat dari pertimbangan masyarakat, keamanan dan luas wilayah,” ujarnya.

Hadi Candra berharap, dengan akan dibangunnya Pelabuhan Roro di Midai, diharapkan kapal akan melayani masyarakat selama setahun penuh, sehingga aktifitas ekonomi masyarakat juga dapat meningkat.



“Hasil komoditi juga bisa dipasarkan keluar, sehingga masyarakat mendapatkan harga yang kompetitif,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Dani