Pemkab Asahan Serukan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia

oleh -86 views
Banner seruan Pemkab Asahan terhadap gerakan sejuta pohon internasional melalui akun resminya

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui salah satu akun resmi milik Pemkab Asahan menyerukan Hari Gerakan Sejuta Pohon kepada seluruh elemen masyarakat, Minggu, 09 Januari 2022.

Pemkab Asahan melalui akun resminya itu, menyebutkan gerakan satu juta pohon yang diperingati pada setiap tanggal 10 Januari sebagai salah satu upaya penyelamatan hutan dan pelestarian lingkungan.

Kegiatan itu, dalam rangka memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia yang bertujuan mewujudkan lingkungan sehat, sejuk dan asri. Peringatan ini mengajak kita untuk terus melestarikan pohon yang dinilai berperan penting bagi kehidupan manusia.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan oleh Pemkab Asahan diantaranya melakukan penanaman pohon diberbagai tempat. Sebagaimana diketahui, pohon memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen ke udara yang bermanfaat bagi pernapasan manusia, dan mengurangi kandungan karbondioksida.

Selain itu dengan menanam pohon kita juga dapat menjaga kestabilan iklim, mencegah banjir atau erosi dan sumber makanan bahkan termasuk tempat tinggal bagi hewan.

Di Indonesia, gerakan ini pertama kali dicanangkan oleh Presiden Soeharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993. Dalam pidato yang disampaikan, Presiden Soeharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut melakukan Gerakan Satu Juta Pohon yakni menanam pohon sampai melampaui satu juta di setiap provinsi.

Melalui gerakan menanam pohon ini, permasalahan pemanasan global diharapkan dapat teratasi. Hal ini dikarenakan sinar atau cahaya matahari akan banyak diserap oleh pohon melalui fotosintesis.



Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan, kita dapat memulai dengan menanam pohon dilingkungan rumah, kemudian merawat demi kelestarian lingkungan. (KP).


Laporan : Sari