Januardi: UKP dan UKM Terobosan yang Perlu Diperhatikan dalam Pelayanan Kesehatan

oleh -204 views
Kepala-Puskemas-Tarempa-Kecamatan-Siantan-Januardi

ANAMBAS (KP),- Kepala Puskemas Tarempa, Kecamatan Siantan, Januardi mengatakan bahwa Meningkatkan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama, merupakan terobosan yang perlu diperhatikan dalam pelayanan kesehatan yang optimal demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

Dikatakannya UKP memberikan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pencegahan, memulihkan kesehatan perseorangan, penyembuhan penyakit dan pengobatan. “Aktifitas di dalam gedung,” terang Januardi kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa, 14 Januari 2020.

Kemudian UKM lanjut Januardi, yaitu pelayanan kesehatan yang bersifat “Aktifitas di luar gedung,” yang meliputi penanggulangan dan pencegahan penyakit, sasaran kepada masyarakat dan pendekatan keluarga. “Ditekankan preventif dan promotif yaitu pencegahan dan promosi kesehatan,” ujarnya.

Puskemas Tarempa, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas yang melayani kesehatan penduduk sebanyak 13.550 jiwa ini, sedang  mempersiapkan akreditasi puskemas untuk tahun 2020. “Tahun ini, sedang mendaftar di pusat,” pungkas Januardi. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra





Memuat...