Berikut Ini Program Prioritas Desa Sedanau Timur Tahun 2021

oleh -449 views
Tarmizi, Kepala Desa Sedanau Timur saat memberikan keterangan

NATUNA (KP),- Terdapat beberapa program prioritas yang diajukan dalam musrenbang kecamatan tahun 2021 untuk Desa Sedanau Timur. Salah satunya menindak lanjuti pembangunan jembatan penghubung Setungku-Tanjung Sebauk.

“Melanjuti pembangunan jembatan penghubung Setungku-Tanjung Sabauk tetap menjadi pioritas utama,” ujar Tarmizi Ahmad, selaku Kepala Desa Sedanau Timur, Kecamatan Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, menjawab koranperbatasan.com di kediamannya, Sabtu, 13 Februari 2021.

Tarmizi menjelaskan, seperti yang sudah diketahui bahwa jembatan penghubung Setungku-Tanjung Sebauk sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena merupakan akses satu-satunya untuk menuju ke pusat desa. Jembatan penghubung tersebut juga memiliki peranan penting terkait pendidikan.

“Selain akses menuju ke pusat desa, jembatan penghubung ini juga dilewati anak-anak sekolah untuk menempuh pendidikan,” jelas Tarmizi.

Tidak hanya itu lanjut Tarmizi,  mengingat di Setungku memiliki asset berupa bebatuan, karet serta kekayaan alam lainnya, sehingga dengan dibangunnya akses jembatan yang layak, asset-asset itu akan mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita berharap kepada Pemerintah Daerah, meskipun tidak dibangun sekaligus, namun tiap tahunnya ada pembangunan melalui APBD. Jangan tahun ini dibangun, lalu tahun depan tidak ada lanjutan. Jembatan penghubung itu, benar-benar menjadi pujaan. Sudah puluhan tahun masyarakat inginkan itu,” lanjut Tarmizi.

Yang kedua, yaitu pembangunan jembatan penghubung antara Desa Sedanau Timur menuju Desa Binjai. Menurut Tarmizi, dengan dibangunanya jembatan penghubung tersebut sangat mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat khusunya di Desa Sedanau Timur.



“Jika teralisasi kita akan bangun jembatan beton, karena menyeberangi sungai dengan jarak 800 meter. Kita sudah berupaya, tahap awal dengan membuka lahan untuk akses jalan yang ada di air pinto. Itu sudah dikerjakan,” pungkas Tarmizi.

Yang ketiga renovasi total gedung serbaguna. “Gedung itu tempat pertemuan masyarakat, dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan apa saja. Kini kondisi gedung yang sudah tidak layak lagi, membuat kita harus renovasi total gedung itu,” tutur Tarmizi.

Selanjutnya adapun program kerja wajib sesuai dengan aturan dari Pemerintah Pusat,  yaitu penyaluran Batuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) selama 12 bulan. Terdapat 35 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nominal Rp 300.000,- per orang.

“Untuk bulan Januari sudah disalurkan, dan selanjutnya kita masih menunggu acuan penyaluran dari pihak kabupaten,” ujar Tarmizi.

Tarmizi berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat, terkait pembangunan di Desa Sedanau Timur.

“Tentunya dalam membangun beberapa insprastruktur di Desa Sedanau Timur ini, kami butuh dukungan semua pihak baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat,” tutup Tarmizi. (KP).


Laporan : Johan