Antisipasi Karhutla, Posko Pemadam Kebakaran Kecamatan Bunguran Selatan Dibentuk

oleh -234 views

NATUNA (KP),- Sebagai langkah antisipatif terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  di musim kemarau yang terjadi saat ini, Pemerintah Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna membentuk serta meresmikan Posko Pemadam Kebakaran dan Penetapan Desa Tangguh Bencana, Kamis 11 Maret 2021.

Peresmian posko yang beralamat di Desa Cemaga Tengah itu, dilakukan langsung oleh Camat Bunguran Selatan, Faisal, S.STP dan dihadiri Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Syawal, SE, Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si, Kepala Desa se-Kecamatan Bunguran Selatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Undangan Lainnya.

Camat Bunguran Selatan, Faisal, S.STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan posko ini merupakan inisiatif dari pemerintah kecamatan bersama masyarakat sebagai langkah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Inisiatif pembentukan  posko ini berasal dari pemerintah kecamatan, bersama masyarakat Bunguran Selatan yang berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, sebagai langkah antisipatif mencegah kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya.

Menurut Faisal, hampir seluruh wilayah Kecamatan Bunguran Selatan merupakan daerah rawan terjadinya kebarakan hutan dan lahan. Dengan kondisi tersebut dirasa perlu dilakukan pembentukan posko agar ketika terjadinya kebakaran langkah pemadaman bisa dilakukan dengan cepat.

“Kita sama-sama tahu, bahwa wilayah Kecamatan Bunguran selatan ini rawan dengan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu pembentukan posko ini sangat perlu dilakukan. Untuk di Natuna, posko ini baru yang pertama kali dibentuk,” ujarnya.

Faisal juga berharap dengan dibentuknya posko ini kedepan dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Bunguran Selatan, dengan didukung oleh semua pihak baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat.



“Harapan kita mudah-mudahan Bunguran Selatan ini kedepan benar-benar bebas dari kebakaran hutan dan lahan. Kita dari pemerintah kecamatan juga selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait bagaimana tata cara yang benar dalam membuka lahan, apalagi dimusim kemarau supaya lingkungan kita tetap terjaga keasriannya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Syawal, SE dalam sambutannya mengapresiasi atas inisiatif dari pemerintah kecamatan bersama warga Bunguran Selatan yang telah tanggap dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan dengan melakukan pembentukan posko Karhutla.

“Kita mengapresiasi dengan pembentukan posko ini. Artinya pemerintah kecamatan bersama warga Bunguran Selatan sangat sigap dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Syawal menuturkan pihaknya sangat mendukung dengan adanya posko pemadam kebakaran ini, dan kedepan pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, agar dapat membantu apa-apa yang menjadi kebutuhan Posko Karhutla itu dalam melaksanakan aktifitasnya.

“Tentunya kita sangat mengharapkan dukungan dan kebersamaan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Bunguran Selatan, agar kebakaran hutan dan lahan dapat kita cegah bersama-sama, demi menjaga lingkunga hidup kita,” tutupnya. (KP).


Laporan : Riduan