Tim Rescue KPP Natuna Evakuasi Tiga Nelayan Kecelakan Kapal Mati Mesin

oleh -398 views

NATUNA (KP) – Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna berhasil menemukan kapal mati mesin pada posisi 3°51.157’N-108°26.254’E dengan seluruh korban berada di atas kapal dalam keadaan selamat, Minggu 28 Maret 2021 sekitar pukul 01.39 Wib.

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel, S.Sos, MM pencairian dilakukan sejak pukul 00.40 Wib dalam operasi pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap kecelakaan satu unit kapal nelayan mati mesin dengan POB 3 orang pada posisi 3°51.715’N-108°24.874’E berjarak 4 Nm dari Pelabuhan Penagi.

Kata Mexianus Bekabel, operasi tersebut dilaksanakan berdasarkan laporan dari korban An. Bapak Rahman pada Minggu 28 Maret 2021 sekitar pukul 00.30 Wib ke Petugas Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

Terkait laporan itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna bergegas mengerahkan 5 personil untuk bergerak ke lokasi menggunakan 1 unit Rigit Inflatable Boat (RIB) 01 milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

“2 korban langsung dievakuasi ke Pelabuhan Penagi, 1 orang lainnya memilih tetap tinggal di kapal dikarenakan menunggu temanya datang untuk memperbaiki mesin kapal tersebut. Namun tetap dalam pemantauan Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna,” sebut Mexianus Bekabel melalui pesan tertulis Grup WhatsApp Basarnas News.

Dalam pesan itu, Mexianus Bekabel menerangkan pada tanggal 28 Maret 2021 pukul 02.15 Wib 2 orang korban dan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna tiba dan sandar dengan selamat di Pelabuhan Penagi.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Operasi SAR terhadap kecelakaan kapal 1 unit kapal nelayan mati mesin diperairan laut Penagi Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri dinyatakan selesai dan ditutup.



Seluruh koraban menerut laporan diketahui berdomisili di Ranai Kabupaten Natuna dengan data sebagai berikut :

  1. Meki ( 36 Tahun / L )
  2. Rahman ( 42 Tahun / L )
  3. Edi ( 34 Tahun / L )

Sebagai Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel, mengucap syukur atas terlaksananya operasi SAR karena berjalan lancar tanpa ada kendala dalam pelaksanaannya.

“Kepada masyarakat yang akan beraktifitas di laut dihimbau agar tetap memperhatikan keselamatan dan update cuaca sebelum beraktifitas,” imbuhnya. (KP).


Laporan : Amran