Kadis PMD Ajak Masyarakat Setiap Desa Budidaya Cabe Smart

oleh -231 views
Kadis PMD Natuna, Anrizal Zen, ST

NATUNA (KP) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Anrizal Zen, ST berharap masyarakat desa bisa ikut andil dalam pengembangan Cabe Smart.

Kata Anrizal hal tersebut dikarenakan proses pembuatan Cabe Smart yang ekonomis dan tidak membutuhkan lahan luas.

“Jadi Cabe Smart ini merupakan teknologi yang diinisiasikan oleh anak kita yang mempunyai kelebihan dapat bertahan hidup lama dan memproduksi buah dengan stabil,” katanya kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Rabu 14 April 2021.

Menurut Anrizal, penemuan teknologi tersebut sangat bermanfaat sekali hanya cukup dengan bahan bekas dari galon dan pipa saja.

“Cukup bahan bekas bahan bekasnya itu berupa galon dan paralon yang dimodifikasi dengan sederhana sekali oleh karena itu ibu-ibu rumah tangga wajib mengembangkan ini,” pungkasnya.

Kemudian lanjut Anrizal dalam upaya pengembangannya proses pembuatan Cabe Smart telah disosialisasikan kepada masyarakat.

“Karena ini adalah hal yang baik hal positif kami pemerintah daerah sangat mendukung sekali dan kami juga mengajak masyarakat desa bisa ikut andil dalam pengembangan Cabe Smart ini,” imbuhnya.



Anrizal berharap masyarakat bisa memanfaatkan penemuan tersebut, karena setelah mempelajari proses pembuatan Cabe Smart ini diketahui sangat sederhana dan juga murah.

“Saya berharap masyarakat ikut dalam hal pengembangan Cabe Smart ini karena baiayanya sangat ekonomis dan tidak memerlukan lahan yang luas cukup dilingkungan rumah saja sehingga terbantulah ekonomi masyarakat dan Cabe Smart ini bisa dikembangkan diseluruh desa yang ada di Natuna,” tuturnya. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan